Apa Itu Brand? Pengertian, Element Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Dunia Periklanan

apa itu brand

Apa itu brand ? istilah ini banyak digunakan saat ini, mungkin kebanyakan pemilik bisnis tidak dapat mendefinisikan “brand” jika Anda meminta mereka untuk melakukannya.

Dalam prosesnya kita sebut branding. Dalam hal itu, branding adalah proses menanamkan merek ke dalam benak konsomen, atau biasa disebut dengan brand awareness.

Apa itu brand awareness, selengkapnya ada pada artikel di bawah ini, kamu hanya tinggal klik saja.

Brand Awareness adalah : Indikator, Contoh, Cara Meningkatkan

Jika Anda pernah bertanya-tanya “Apa itu Brand, sih?” (Atau bahkan pertanyaan filosofis “Apa itu brand?”),

Pada artikel kali ini dunia periklanan akan memandu Anda melalui definisi merek, membongkar semua elemen yang harus di miliki oleh merek yang sukses, dan bahkan membuat alasan mengapa merek Anda sangat penting untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Hanya dengan memahami apa itu “Brand” Anda dapat menggunakan alat yang kuat ini untuk bisnis Anda.

Oleh karena itu, yuk kita scroll ke bawah untuk selanjutnya

Pengertian Brand Menurut Para Ahli

apa itu brand

Beberapa ahli pemasaran telah merangkum pengertian brand berdasarkan pengalaman mereka. di antara nya :

Philip Kotler

Philip Kotler adalah Profesor Manajemen di Kellogg School of Management, Northwestern University. Dia adalah pakar pemasaran dan penulis buku terkenal, termasuk Marketing Management dan Principles of Marketing.

Oleh karena itu dia juga telah menerima banyak penghargaan dan gelar kehormatan untuk kontribusinya pada bidang pemasaran.

Menurut Philip kotler, brand adalah simbol yang di gunakan oleh organisasi untuk mengenali dan membedakan produk mereka dari produk pesaingnya.

Brand juga merupakan sekumpulan harapan, persepsi, dan emosi yang di kaitkan dengan produk atau jasa.

David Aaker

Aaker adalah ahli pemasaran yang di kenal secara luas. Dia adalah pendiri Aaker & Davies Consulting Group dan penulis buku terkenal, “Manajemen Pemasaran: Strategi dan Kepemimpinan dalam Pemasaran”.

Dia telah menjadi guru besar di Haas School of Business di Universitas California, Berkeley, sejak tahun 2000.

Beliau telah menerima gelar kehormatan dari beberapa universitas, dan di anugerahi Hadiah Pemasaran Richard D. Irwin dari American Marketing Association.

Menurut David Aaker, brand adalah suatu identitas yang berfungsi sebagai penanda identitas yang di gunakan untuk membedakan produk atau jasa dari yang lain.

Sebab itu brand berhubungan dengan sebuah nilai intrinsik yang berhubungan dengan produk, jasa, atau organisasi.

Kemudian menurutnya juga brand adalah suatu harapan yang tersimpan dalam benak konsumen yang terkait dengan produk atau jasa serta merupakan pengalaman yang dapat meningkatkan nilai produk atau jasa.

Steve Jobs

Steve Jobs adalah seorang pelopor teknologi komputer Amerika yang membangun dan menjadi CEO Apple Inc. Ia juga menjabat sebagai presiden dan CEO Pixar Animation Studios sebelum menjualnya ke Disney.

Ia juga memegang beberapa peran lain di Disney. Jobs memiliki kontribusi besar dalam revolusi teknologi informasi dan teknologi komputer.

Dia juga secara khusus di kenal sebagai ‘pahlawan teknologi komputer’ karena kontribusinya dalam memperkenalkan produk-produk Apple dan juga mempopulerkan penggunaan personal computer.

Menurut Steve Jobs, brand adalah cara bagaimana orang membedakan produk atau jasa dari yang lain.

Brand juga merupakan cara bagaimana orang mengidentifikasi dan membedakan produk atau jasa yang mereka gunakan dengan produk atau jasa yang di tawarkan oleh pesaing.

Itulah jawaban dari beberapa ahli tentang pertanyaan apa itu brand.

Manfaat Brand Untuk Bisnis

Brand adalah salah satu aset bisnis Anda yang paling berharga.

Selanjutnya brand adalah cara perusahaan mengenalkan produk atau jasa mereka kepada konsumen.

Di dalam hal ini brand memungkinkan perusahaan untuk membangun citra, membangun kepercayaan, dan membangun kepemilikan dari pelanggan.

Pentingnya Brand Untuk Bisnis Jangka Panjang

Ada beberapa manfaat brand untuk bisnis yang telah dunia periklanan rangkum. Sebagai berikut:

1. Membantu Meningkatkan Penjualan

Merek yang kuat dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan dengan memperkenalkan produk atau jasa tersebut kepada konsumen.

Branding yang baik akan membuat perusahaan lebih mudah di ingat, sehingga meningkatkan kesempatan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka kepada konsumen.

2. Membangun kepercayaan

Brand yang kuat dapat membangun kepercayaan di antara konsumen. Jika sebuah perusahaan memiliki merek yang di hormati dan di akui, konsumen akan lebih cenderung membeli produk atau jasa tersebut daripada produk lain.

3. Menciptakan Kepemilikan Pelanggan

Kepemilikan pelanggan adalah kesetiaan yang di bangun di antara pelanggan dan perusahaan. Kepemilikan pelanggan akan meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan mengurangi biaya pemasaran yang di perlukan untuk mempertahankan dan mendorong jumlah pelanggan.

4. Membedakan Produk

Brand juga dapat membantu meningkatkan nilai produk dengan membedakan produk perusahaan dari produk pesaing. Brand yang kuat dapat membedakan produk perusahaan dari produk lain di pasar.

5. Membangun Kesadaran Merek

Branding yang baik akan meningkatkan kesadaran merek perusahaan, yang berarti perusahaan dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang mengenal produk atau jasa mereka.

Dan juga branding yang efektif dapat membantu perusahaan meningkatkan kesadaran merek dan membangun basis pelanggan yang lebih luas.

Perbedaan Brand Dan Branding

Konsep brand dan branding telah menyebar luas di seluruh dunia. Brand adalah identitas unik yang mewakili sebuah produk, jasa, atau organisasi.

Branding adalah proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan mengukuhkan brand. Pemahaman tentang perbedaan antara brand dan branding dapat membantu Anda membuat strategi pemasaran yang efektif.

Berikut di bawah ini penjelasan singkatnya

Brand Adalah

Pengertian brand adalah cita rasa, emosi, atau pengalaman yang di tawarkan oleh sebuah produk, jasa, atau organisasi.

Selain itu, brand adalah budaya yang diwujudkan melalui logo, slogan, karakter, dan simbol lainnya yang menggambarkan produk dan jasanya.

Brand menciptakan reaksi instan dan bisa di pahami dengan mudah oleh pasar.

Branding Adalah

Sedangkan pengertian branding adalah proses membangun identitas produk atau jasa di pasar. Strategi branding harus menarik perhatian calon pelanggan dan menjelaskan manfaat dari produk atau jasa.

Branding harus menciptakan kesadaran dan membangun loyalitas. Ini bisa dilakukan dengan kampanye pemasaran, iklan, dan konten yang tepat sasaran.

Pengetahuan tentang perbedaan antara brand dan branding akan membantu Anda menciptakan strategi yang efektif untuk bisnis Anda.

Selengkapnya kamu bisa kunjungi artikel di bawah ini

Brand Branding Rebranding : Pengertian, Strategi, Manfaat

Dengan memahami bagaimana keduanya saling berinteraksi, Anda dapat memanfaatkan keduanya untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda.

Nah sudah mulai paham kan. Yuk lanjut lagi scroll ke bawah untuk pembahasan selanjutnya.

Apa Saja Brand Element

element brand

Untuk lebih memahami apa yang kami maksud dengan “brand”,berikut kami ulas beberapa elemen dasar brand untuk membantu anda

Memahami elemen-elemen berbeda dari sebuah merek juga merupakan titik mulai dari setiap inisiatif branding atau rebranding.

Bekerja dengan data dan wawasan dari penelitian merek, tujuan dari proyek branding atau rebranding adalah untuk mendefinisikan atau mengulangi setiap elemen merek berikut.

Hasil akhir dari pekerjaan tersebut biasanya di catat dalam dokumen kerangka merek baku, kadang-kadang disebut sebagai brand brief atau brand guidelines.

Dokumen kerangka merek ini merupakan aset penting bagi tim pemasaran (dan benar-benar siapa pun yang ditugaskan untuk membawa merek ke dunia internal atau eksternal).

Ini membantu untuk memastikan hal terpenting untuk setiap merek perusahaan yang kuat: konsistens

10 Element Brand Untuk Membantu Mengenalkan Merek Bisnis Kamu :

Brand Positioning

Brand Positioning merupakan strategi marketing yang bertujuan untuk membuat produk dan jasa yang diperdagangkan oleh perusahaan terlihat berbeda dan bernilai lebih dibandingkan produk dan jasa lainnya yang sejenis.

Selain itu Brand Positioning juga bertujuan untuk membuat produk kita menjadi unik dan berbeda di benak konsumen.

Manfaat Brand Positioning adalah sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi nilai dan keunikan produk. Brand Positioning memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi nilai dan keunikan produknya, yang kemudian bisa digunakan untuk menciptakan perbedaan antara produk mereka dan produk pesaing.

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan. Brand Positioning memberikan alasan bagi konsumen untuk memilih produk Anda daripada produk pesaing Anda. Hal ini akan membantu Anda meningkatkan loyalitas pelanggan yang pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak penjualan.

3. Membedakan produk dari pesaingnya. Brand Positioning memungkinkan perusahaan untuk membedakan produk mereka dari produk pesaing, sehingga konsumen lebih memilih produk Anda daripada produk lain.

Contoh Brand Positioning

Misalnya Apple yang menargetkan produknya kepada konsumen yang ingin memiliki produk yang menyatu dengan teknologi, produk yang simple, mudah digunakan, dan stylish.

Brand Architecture

Yang dimaksud dengan Brand Architecture adalah sebuah struktur yang digunakan oleh organisasi untuk mengatur merek dan sub-merek yang dimilikinya.

Brand Architecture menyediakan struktur yang jelas dan terorganisir untuk mengelola berbagai produk dan layanan yang ditawarkan oleh organisasi.

Manfaat Brand Architecture:

1. Membantu dalam membangun identitas merek yang kuat. Brand Architecture membantu merek untuk menciptakan identitas yang kuat dan konsisten dengan memastikan bahwa masing-masing produk atau layanan dalam portofolio merek memiliki identitas yang berbeda dan dapat diidentifikasi.

2. Memudahkan orang untuk menavigasi produk dan layanan. Dengan Brand Architecture yang baik, orang akan lebih mudah untuk menemukan dan memilih produk atau layanan yang cocok dengan kebutuhan mereka.

3. Membantu dalam menciptakan nilai tambah. Brand Architecture membantu dalam menciptakan nilai tambah bagi produk dan layanan dengan memperkenalkan merek baru.

Contoh Brand Architecture:

Contoh Brand Architecture yang baik adalah Apple. Apple memiliki merek seperti iPhone, iPad, Mac, Apple Watch, dan lain-lain. Setiap produk Apple memiliki desain dan identitas yang berbeda, tetapi mereka semua menggunakan logo Apple dan warna yang sama. Ini membuat mereka mudah dikenali dan merupakan bagian dari Brand Architecture Apple.

Brand Compass (Purpose, Mission, Vision, Values)

Art Brand Compass adalah alat yang berguna untuk membantu organisasi menentukan tujuan, misi, visi, dan nilai-nilai mereka.

Alat ini dapat membantu memastikan bahwa seluruh orang yang terlibat dalam organisasi memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan, misi, visi, dan nilai-nilai mereka.

Serta juga memastikan bahwa semua pihak melakukan hal yang sama di sepanjang jalan.

Purpose (Tujuan) adalah alasan mengapa organisasi ada. Tujuan adalah jantung dari sebuah bisnis dan memberikan tujuan yang kuat akan membantu organisasi mencapai tujuan mereka.

Misi adalah bagaimana organisasi akan mencapai tujuan mereka. Misi yang jelas akan membantu organisasi fokus dan memberikan panduan untuk setiap keputusan yang mereka buat.

Visi adalah gambaran tentang hasil yang diinginkan dari suatu organisasi. Visi membantu organisasi menentukan tujuan jangka panjang dan membantu mereka tetap fokus pada tujuan mereka seiring waktu.

Nilai-nilai adalah prinsip-prinsip yang diikuti oleh organisasi. Nilai-nilai memberi tahu orang-orang apa yang dianggap penting oleh organisasi dan memberikan panduan untuk perilaku yang diinginkan.

Manfaat Brand Compass

Memiliki manfaat untuk membantu organisasi mencapai tujuan, misi, visi, dan nilai-nilai yang telah ditetapkan.

Ini juga memungkinkan organisasi untuk memastikan bahwa semua orang yang terlibat memiliki pemahaman yang sama tentang apa yang diharapkan dari mereka.

Contoh Brand Compass

Tujuan: Kami ingin menjadi perusahaan yang terkemuka di pasar kami dengan menyediakan layanan yang berkualitas tinggi dan produk yang inovatif.

Misi: Kami akan bekerja sama dengan pelanggan kami untuk mengembangkan produk yang inovatif dan layanan yang berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Visi: Kami ingin menjadi pemimpin pasar dalam memberikan layanan dan produk yang inovatif.

Nilai-nilai: Kami akan menghormati pelanggan kami, melakukan yang terbaik dalam semua yang kami lakukan, dan selalu berinovasi. Kami juga akan selalu memberikan layanan yang berkualitas tinggi dan menghormati pelanggan kami.

Brand Archetype

Brand Archetype adalah suatu pandangan tentang jenis warna, suara, dan gaya yang menjadi ciri khas dari suatu merek.

Di dalam hal ini Brand Archetype juga berfungsi sebagai representasi yang dapat memungkinkan orang untuk merasa terhubung dengan merek, dengan cara yang sangat spesifik.

Brand Archetype bisa menjadi salah satu alat terbaik dalam menciptakan hubungan yang kuat antara merek dan audiensnya.

Manfaat Brand Archetype

Untuk membantu menciptakan identitas yang kuat dan menarik, memfasilitasi komunikasi yang konsisten, membantu menciptakan kesadaran merek, serta membangun loyalitas pelanggan.

Contoh Brand Archetype

  • Pertama, Royal (The Ruler),
  • Sage (The Wise Sage),
  • Outlaw (The Rebel),
  • Magician (The Innovator),
  • Jester (The Entertainer),
  • Caregiver (The Supporter),
  • Dan terakhir Hero (The Protector).

Brand Personality

Brand Personality adalah cara untuk membangun hubungan dengan pelanggan melalui pembentukan sosok atau karakter untuk merepresentasikan brand.

Ini memungkinkan merek untuk memiliki identitas yang lebih kuat dalam pikiran pelanggan, yang mengarah ke kepercayaan dan loyalitas mereka.

Persamaan brand personality dan brand ambasador adalah bahwa keduanya memiliki tujuan umum yang sama yaitu membangun hubungan dengan audiens.

Perbedaannya adalah bahwa brand personality merupakan citra yang membangun hubungan dengan audiens melalui komunikasi.

Sedangkan brand ambassador adalah orang yang membangun hubungan dengan audiens melalui komunikasi.

Manfaat dari Brand Personality

  • Membantu merek menciptakan pengalaman yang konsisten dan menguntungkan bagi pelanggan.
  • Membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan
  • Dan membangun kepercayaan yang lebih tinggi.

Contoh Brand Personality

Nike. Mereka menciptakan merek yang berkomitmen untuk membantu pelanggan mereka mencapai tujuan mereka dan membantu mereka untuk tetap berkomitmen pada tujuan tersebut.

Merek ini  menggunakan ikon-ikon seperti Michael Jordan dan Cristiano Ronaldo untuk memaksimalkan komitmen mereka terhadap kinerja dan prestasi.

Di dalam hal ini membantu mereka membangun hubungan yang lebih erat dengan para pelanggannya.

Brand Promise

Brand Promise adalah janji yang diberikan oleh suatu brand kepada konsumen yang mengikat bagi para pelanggannya.

Jenis elemen ini  menyatakan secara jelas bagaimana portfolio produk dan jasa yang ditawarkan merek tersebut akan membawa nilai bagi pelanggan.

Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan membangun citra positif bagi merek.

Manfaat Brand Promise

– Membuat pelanggan yakin dengan produk dan jasa yang ditawarkan oleh merek.

– Membangun loyalitas pelanggan dengan menciptakan kepercayaan melalui janji yang diberikan.

– Membangun citra positif untuk merek.

– Menciptakan kesempatan untuk menjual produk dan jasa.

Contoh Brand Promise

– Nike : “Kami percaya bahwa melalui olahraga, kami dapat mengubah hidup orang”.

– Apple : “Kami percaya bahwa teknologi dapat membuat hidup Anda lebih mudah dan lebih menyenangkan”.

– McDonald’s : “Kami percaya bahwa makanan yang lezat dapat memberi Anda kebahagiaan”.

Value Proposition

Value Proposition adalah janji yang dibuat oleh sebuah perusahaan untuk menawarkan suatu produk atau layanan yang bermanfaat bagi pelanggan.

Ini adalah sebuah klaim tentang manfaat yang dapat di peroleh pelanggan dari produk atau layanan yang ditawarkan.

Perbedaan dan persamaan value proposition dan taqline adalah keduanya cara untuk menyampaikan pesan tentang produk atau layanan yang di tawarkan.

Value proposition adalah kalimat yang menjelaskan manfaat atau nilai dari produk atau layanan yang di tawarkan.

Sedangkan taqline adalah kalimat pendek yang menarik perhatian dan menggambarkan nilai yang di tawarkan oleh produk atau layanan itu.

Manfaat dari Value Proposition

  • Membantu pelanggan membuat keputusan yang tepat ketika membeli produk atau layanan.
  • Meningkatkan penjualannya karena membuat pelanggan merasa yakin bahwa produk atau layanan yang mereka beli akan menguntungkan.

Contoh Value Proposition

Sebuah perusahaan yang menawarkan produk laundry bisa menggunakan Value Proposition seperti: “Kami memberikan layanan laundry berkualitas tinggi dengan harga yang lebih terjangkau”.

Dengan Value Proposition seperti itu, pelanggan akan merasa yakin bahwa mereka akan mendapatkan nilai yang lebih baik daripada yang di tawarkan oleh perusahaan lain.

Competitive Advantage

Competitive Advantage adalah keunggulan kompetitif yang di miliki oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk membedakan diri dari pesaingnya.

Kekuatan kompetitif ini dapat berupa kualitas produk, harga jual, layanan, teknologi, lokasi, kemampuan manajemen, budaya perusahaan, atau faktor lain yang menjadikan perusahaan berbeda dari pesaingnya.

Manfaat Competitive Advantage

1. Meningkatkan keuntungan

Kekuatan kompetitif dapat membantu perusahaan meningkatkan keuntungan dengan menawarkan produk atau jasa yang lebih unggul daripada pesaingnya.

Hal ini akan membantu perusahaan menarik lebih banyak pelanggan dan mempertahankan posisi tinggi di pasar.

2. Meningkatkan daya saing

Kekuatan kompetitif akan membantu perusahaan menjaga keunggulan dan daya saing di pasar.

Di dalam hal Ini akan menciptakan batas yang lebih tinggi bagi para pesaing untuk menyaingi perusahaan dan membantu perusahaan mempertahankan posisi tinggi di pasar.

3. Meningkatkan nilai jangka panjang

Kekuatan kompetitif dapat membantu perusahaan membangun nilai jangka panjang.

Dengan menawarkan produk dan layanan yang unggul, perusahaan dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan mempertahankan merek yang kuat.

Contoh Competitive Advantage

1. Apple Inc. memiliki keuntungan kompetitif dalam hal desain produk yang inovatif dan unik. Desain produk Apple membedakan mereka dari pesaingnya dan membantu mereka mempertahankan posisi tinggi di pasar.

2. Amazon memiliki keunggulan kompetitif dalam hal layanan pelanggan. Amazon telah menjadi salah satu layanan pelanggan terbaik di pasar dan menawarkan berbagai fitur yang membedakan mereka dari pesaingnya.

Visual Identity

Visual Identity adalah identitas visual yang menggambarkan kepercayaan dan karakteristik dari sebuah merek atau organisasi. Identitas visual ini bisa berupa logo, warna, font, dan lain-lain.

Manfaatnya Visual Identity

1. Pertama, Memudahkan para konsumen untuk mengingat dan membedakan produk atau merek dari pesaingnya.
2. Kedua, Membangun reputasi yang baik dalam waktu singkat.
3. Dan terakhir Meningkatkan nilai dari merek dan menciptakan pengalaman yang konsisten.

Contoh visual identity

Logo Apple. Logo Apple memiliki warna biru, merah, putih, dan abu-abu yang mencerminkan kepercayaan dan karakteristik Apple sebagai merek yang inovatif dan keren.

Verbal Identity

Verbal Identity adalah cara untuk menjelaskan identitas dan sifat merek melalui kata-kata. Hal ini termasuk nama, slogan, pengumuman, isi pesan, tulisan, dan lainnya.

Manfaat dari Verbal Identity

  • Untuk meningkatkan kesadaran merek, menciptakan hubungan dengan audiens,
  • Menunjukkan perbedaan mencolok antara pesaing,
  • Membangun loyalitas,
  • dan menyampaikan informasi penting tentang produk dan layanan.

Contoh dari Verbal Identity

slogan Apple “Think Different”. Ini menempatkan Apple sebagai pemimpin teknologi untuk mempromosikan inovasi dan pemikiran yang berbeda.

Brand Experience

Brand Experience adalah cara seseorang berinteraksi dengan produk atau jasa yang di tawarkan oleh sebuah merek.

Ini termasuk semua aspek dari persepsi suatu merek, mulai dari iklan, produk, layanan pelanggan, pengalaman online, dan sebagainya.

Manfaat Brand Experience

1. Membangun Brand Awareness. Dengan menciptakan pengalaman yang berkesan, Anda dapat mengukuhkan citra merek dan meningkatkan kesadaran merek.

2. Menciptakan Loyalitas Pelanggan. Pengalaman positif membantu menumbuhkan citra merek yang positif, yang akan membuat pelanggan kembali untuk berbelanja lebih banyak di masa yang akan datang.

3. Membantu Membedakan Merek. Brand Experience dapat membantu membedakan merek Anda dari pesaing Anda. Ini bisa memberi merek Anda karakteristik yang unik dan membedakannya dari produk lain.

Contoh Brand Experience:

1. Strategi Pemasaran Berbasis Cerita. Strategi ini membantu menciptakan pengalaman yang berkesan bagi pelanggan. Ini memungkinkan merek untuk berkomunikasi dengan pelanggan dengan cara yang menarik dan menarik.

2. Pengalaman Pelanggan Terpadu. Ini termasuk membuat proses berbelanja sederhana dan efisien bagi pelanggan. Ini juga termasuk menciptakan layanan pelanggan yang responsif untuk membantu pelanggan dalam proses berbelanja.

3. Interaksi di Media Sosial. Ini termasuk berinteraksi dengan pelanggan di media sosial, menawarkan konten yang bermanfaat, dan menjawab pertanyaan dan komentar pelanggan.

Logo Brand Terkenal

Logo adalah simbol visual yang mewakili identitas suatu organisasi, produk, atau jasa.

Di dalam hal ini biasanya berisi simbol, tulisan, atau gambar yang mencerminkan informasi tertentu tentang organisasi atau produk tersebut.

Logo brand tidak hanya menjadi alat promosi, tetapi juga menjadi alat yang bisa memberikan kesan yang diinginkan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Manfaat Logo Untuk Pemasaran

Ada beberapa manfaat logo, yaitu :

1. Memberikan identitas unik: Pertama, Logo adalah ikon visual yang menggambarkan identitas unik perusahaan. Logo menyampaikan informasi tentang bisnis atau organisasi, termasuk jenis produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Membangun merek dan loyalitas pelanggan: Logo dapat digunakan untuk membangun merek dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Logo berfungsi sebagai alat promosi yang efektif untuk mengenalkan perusahaan dan memberikan kesan positif yang berkelanjutan.

3. Membedakan dari pesaing: Logo menciptakan jalan bagi perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing. Dengan logo yang unik dan menarik, perusahaan dapat menciptakan pengenalan yang kuat di antara audiensnya.

4. Peningkatan visibilitas: Logo dapat di gunakan untuk meningkatkan visibilitas perusahaan. Logo membawa kehadiran visual yang akan menarik perhatian orang dan membuat mereka ingat tentang produk atau jasa yang di tawarkan.

5. Membuat perusahaan terlihat lebih profesional: Yang terakhir, Logo yang di rancang dengan baik dapat membuat perusahaan terlihat lebih profesional dan di hargai. Logo yang menarik akan membuat orang lebih mungkin untuk membeli produk atau jasa perusahaan.

8 Jenis Logo Yang Perlu Kamu Ketahui

Ada 8 jenis logo yang di bagi kedalam 3 bagian Yaitu

Logo Teks

1. Logotype atau Wordmark Logo adalah jenis logo yang terdiri dari teks saja dan biasanya hanya menggunakan nama perusahaan atau merek untuk identitas mereka.

logotype

2. Geometric Wordmark Logo adalah jenis logo yang terdiri dari teks yang di kelilingi oleh bentuk-bentuk geometris. Dalam Ini biasanya di gunakan untuk memberikan tanda khusus atau membuat logo terlihat lebih unik.

 

3. Lettermark Logo atau Initials Logo adalah jenis logo yang terdiri dari huruf awal dari nama perusahaan atau merek. Ini merupakan cara yang efektif untuk mengkondensasi nama perusahaan ke logo yang lebih kompak.

Logo Gambar

1. Pictorial Marks adalah jenis logo yang hanya terdiri dari gambar. Gambar ini bisa menggambarkan hal-hal yang berhubungan dengan industri atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

logo pictorial mark

2. Abstract Logo adalah jenis logo yang terdiri dari bentuk-bentuk abstrak yang tidak langsung berhubungan dengan produk atau industri perusahaan. Dalam hal Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membuat logo unik dan membedakannya dari logo lain.

abstract logo

3. Mascots Logo adalah jenis logo yang terdiri dari karakter atau hewan peliharaan yang berhubungan dengan produk atau industri perusahaan. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membuat logo lebih menarik dan ramah.

Logo Kombinasi Gambar dan Teks

1. Emblem Logo adalah jenis logo yang terdiri dari teks dan gambar yang dikelilingi oleh pola atau bentuk. Ini merupakan cara yang efektif untuk membuat logo yang lebih kompleks dan unik.

2. Combination Logo adalah jenis logo yang terdiri dari teks dan gambar yang berbeda. Gambar dan teks dapat berdiri sendiri-sendiri atau berdampingan untuk membentuk logo yang lebih menarik dan berkesan.

Logo merupakan bagian penting dalam proses mengenalkan merek menjadi sebuah brand.

Lampiran di atas merupakan logo terkenal yang kami ulas dalam artikel apa itu brand. Pada Akhirnya, usai sudah pembahasan kita mengenai brand, Semoga apa yang di berikan menjadi manfaat buat kita.

 

 

 

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tinggalkan komentar