Cara membuat konten promosi yang menarik sangatlah mudah, kalau kamu sudah membaca artikel tentang cara meningkatkan brand awareness sebelumnya.
Pembahasan kita sekarang ini adalah lanjutan artikel sebelumnya. Saya sudah menjelaskan tentang metode yang sering dipakai oleh para marketing dalam membangun brand awareness.
Daftar Isi
Cara Membuat Konten Promosi .
Kita akan menggunakan strategi marketing lewat metode Aisas dalam membuat konten promosi yang menarik.
Kalau belum tau apa itu Aisas boleh kamu ulang baca di sini
Sebelumnya, saya akan mencoba mengulas tentang siklus hidup produk. Produk itu seperti manusia. Dia dilahirkan, tumbuh, berkembang, dan mati. Produk itu memiliki siklus hidup biasa disebut product life cycle. Kita bahas ini dulu ya, biar kita sama-sama belajar.
Siklus Hidup Produk Sebagai Penentu Konten Promosi
Pada umumnya, Siklus Hidup Produk atau Product Life Cycle memiliki 4 Tahapan yaitu Perkenalan (Introduction), Perkembangan (Growth), Kedewasaan (Maturity), Penurunan (Decline).
Beberapa strategi umum yang digunakan produsen dalam memasarkan produknya berdasarkan Fase atau Tahap Siklusnya. Pertanyaannya sekarang, Di Fase Mana Produkmu ?
Oke. Saya anggap produkmu sekarang ini di fase perkenalan. Dari sini lah brand awareness itu kita bentuk.
Tips Membuat Konten Menarik
Tahapan selanjutnya setelah kita memiliki data, saya akan mengulas tips membuat konten yang menarik membangun awareness produk.
Nah, buat pelaku bisnis ukm Indonesia, tidak usah bingung cara sederhananya, kamu bisa menganalisa sendiri produk kamu dengan menggunakan Analisis SWOT, wawancara langsung ke target konsumen, serta boleh juga dengan kuesioner. untuk lebih jelasnya boleh kamu cari tau di google apa itu analisis swot.
Tujuan Promosi Atau Iklan
Seperti yang saya bilang di atas, kita anggap produkmu saat ini di fase perkenalan. Maka tujuan dari konten iklan nya adalah membangun awareness produk.
Apa yang harus dikenalkan ? intisari atau essence dari produkmu, keunggulannya, dan sebagainya.
Kita misalkan Produknya kacang atom , yang mau kita kenalkan adalah cita rasanya pedas
Target Market dan Target Audiens
Di posisi ini kamu, harus bisa menentukan target segmen kamu kemana, baik secara personal, terus jangkauan pasarnya serta psikologi orang yang akan menggunakan produkmu.
Ada beberapa produk yang target marketnya tidak sama dengan target audiensnya. Misalkan produk susu anak. Pada susu formula anak ini target marketnya adalah anak, sedangkan audiensnya si Ibu.
Untuk kacang atom sendiri, mungkin target market dan audiens nya sama.
Contoh Konten Promosi Produk
Setelah kita tentukan tujuan promosi itu apa, target market nya siapa, kita masuk kedalam mendesain konten promosi yang akan kita iklan kan.
Penentuan warna dan lain-lain itu, adalah mewakili dari target, menggambarkan produk dan tujuan promosi. Agar Si target langsung mengerti pesan komunikasi yang disampaikan lewat desain konten promosi tersebut.
Contoh Konten Promosi Menarik
Itu lah cara membuat konten produk. Kemasan produk ditampilkan se detailnya dengan kemasan yang berada di pasaran, ada unsur cabai dan warna merah berapi-api menerangkan ini pedas. Untuk taqline produk dengan sebesar-besarnya di tulis PEDAS KACANGKU. Untuk logo di letak di sudut kanan atas dengan logotype Garuda.
Produk ini merupakan versifikasi atau varian lain dari kacang garuda.
Strategi Penerapan Konten Pada Media Promosi
Pada tahap ini kita menggunakan aisas dalam strategi penerapan konten pada media promosi.
Awarensess
Proses ini adalah menyampaikan pesan iklan kepada target “PEDAS KACANGKU”. Misalnya contoh konten promosi di instagram. Kita gunakan feed instagram dengan gambar dari desain di atas serta caption ” taukah sobat, kacang atom sudah keluarin variant baru lho, bisa kamu nikmati bersama makanan lain dan menambah cita rasa pedas.” Kacang Garuda, Pedas Kacangku!
Interest
Proses ini hampir sama dengan awareness. Akan tetapi di proses interest ini kita lebih merangsang si target untuk mau mencari tau produk ini. Disini kita bisa menggunakan ambassador atau influencer ya. Tapi ingat ! jangan memilih influencer yang pengikutnya bukan target kita. Itulah guna hasil riset di atas.
Search
Nah, kalo konsumen sudah sampai di fase ini, kita harus siap memfasilitasi nya. Karena konsumen akan mencari tau lebih banyak tentang produk ini. Kamu bisa menggunakan Website, toko online, atau whatsapp langsung untuk pesanan. Proses ini akan memudahkan konsumen untuk membeli produk kamu.
Baca Juga : Peran Branding Produk UMKM
Action
Pernah dengar yang namanya brand activation ? atau Gerebek Pasar ?. Yah, itu merupakan bagian dari proses action produk untuk konsumen. Kamu bisa menggunakan itu, Tapi ingat harus sesuai target kamu. misalnya kacang atom ini lebih enak dicampur bakso. Maka aktivasi produk akan ke warung bakso. Atau lakukan promo beli 2 dapat 3 misalkan.
Share
Nah proses ini yang cukup sulit. Karena memaksa konsumen untuk menshare produk kamu. Jika kesan pertama sudah tidak menggoda akan sulit produk kamu untuk di review. Akan tetapi kamu bisa melakukannya dengan ambassador atau influencer jikalau tidak ada konsumen yang mau menshare produkmu. Selain itu kamu juga bisa bersponshorship lewat acara acara yang target audiensnya merupakan target marketmu.
Media Sebagai Pusat Konten Promosi Marketingmu.
Yang harus kamu ingat, jikalau kamu memiliki sedikit biaya untuk belanja promosi. kamu bisa menjadikan media digital sebagai pusat informasi konten promosi. Misalnya, menggunakan instagram sebagai pusat konten promosi makanan atau produkmu.
Jadi, semua perlakuan metode Aisas itu akan kamu tampilkan di instagrammu. report dari brand activation dsb.
Cara Desain Konten Marketing Menarik Lewat Aplikasi Canva.
PR nya adalah bagaimana kami mendesain konten promosi marketing nya, sementara kami tidak punya kemampuan di bidang desain ?
Banyak penyedia jasa, yang bisa memenuhi kebutuhanmu itu. Di sekitaranmu pun banyak para freelancer yang menawarkan jasa jasa desain produk. Kalau saya suka melihat apa yang di tawarkan sribu.com. Akan tetapi ini terkait biaya. Ya Kan ?.
Tenang saja, yang akan datang saya akan memberi tutorial cara desain konten marketing menarik lewat aplikasi Canva. Saya jamin kamu-kamu para pelaku umkm akan terbantukan lewat aplikasi ini.
Kalau tidak mau menunggu lama langsung saja kamu klik Cara menggunakan Canva : Membuat desain promosi dengan canva
Mungkin itu saja, yang bisa saya tawarkan lewat artikel saya kali ini. Mudah-mudahan jadi manfaat, dan usaha-usaha kamu semua pada suskses. Aamiin !