Content marketing menjadi hal yang penting karena selain untuk meningkatkan penjualan, konten tersebut mampu mengangkat brand awareness suatu produk atau merk.
Beberapa konten marketing ini dapat mencakup artikel blog, video, infografis, presentasi, dan banyak lagi.
Konten marketing bertujuan untuk menarik audiens Anda dengan informasi yang berguna, memberikan nilai, dan membangun kepercayaan.
Ini tidak hanya membantu Anda membangun hubungan dengan audiens Anda, tetapi juga membantu meningkatkan SEO Anda, menciptakan aktivitas online yang dapat ditargetkan, dan membangun merek Anda.
Selanjutnya, konten marketing dapat digunakan untuk menarik lalu lintas ke situs web Anda, menghasilkan lead, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mempromosikan produk dan layanan Anda.
Dengan membuat konten yang berguna, informatif, dan menarik, Anda dapat menarik lalu lintas ke situs web Anda dan membangun hubungan dengan audiens Anda. Konten marketing juga dapat membantu Anda menarik pelanggan baru dengan mempromosikan produk atau layanan Anda.
Mungkin, kita sering mendengar apa itu konten marketing, akan tetapi secara arti tidak banyak mengetahuinya.
Slow aja, kali ini dunia periklanan akan mengulas lebih dalam mengenai content marketing. Mulai dari pengertian, jenis, manfaat serta tugas apa saja yang di kerjai oleh seorang konten marketing.
Yuk, langsung aja scroll ke bawah.
Daftar Isi
Yang Dimaksud Dengan Content Marketing
Konten marketing merupakan salah satu strategi pendekatan marketing yang berpusat pada cara membuat dan menyalurkan informasi.
Informasi tersebut haruslah relevan, bernilai dan konsisten mengenai suatu produk/brand untuk menarik perhatian target audiens.
Selain itu menurut para ahli, konten marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat antara produk dan konsumen untuk jangka waktu yang panjang.
Pada akhirnya konsumen akan merasa memiliki kedekatan emosional terhadap suatu produk.
Baca Juga :
Social Media Marketing : Pengertian Dan Cara Kerjanya
Konten Marketing Menjadi Hal Yang Penting Karena
Ada 4 tahap siklus pembelian yang dapat kamu ciptakan lewat konten marketing. Apa saja ? berikut penjelasannya :
4 Tahap Siklus Pembelian Dengan Konten Marketing
Membangun Brand Awareness
Konsumen mungkin tau terhadap produk yang kamu tawarkan. Akan tetapi tidak semua konsumen yang perduli terhadap produk yang kamu jual.
Nah, tugas konten marketing di sini adalah memberikan interest dengan membuat sebuah konten untuk menjawab permasalahan konsumen. Dengan begitu konsumen akan sadar akan hadirnya produk kamu di pasar.
Melakukan Riset Produk
Setelah konsumen mengetahui keberadaan produkmu di pasar, mereka akan melakukan riset dengan mencari informasi produkmu lebih detail.
Untuk itu, kamu harus membuat konten lebih banyak mengenai keunggulan produk, manfaat dan sebagainya di banding produk kompetitor.
Mencari Perbandingan
Mereka akan berpikir kembali untuk membeli produk kamu setelah melakukan riset. Setelah itu mereka akan membandingkan antara produk kamu dan kompetitor. Baik dari segi harga, kualitas dan lain sebagainya.
Melakukan Action
Di tahap terakhir ini, target audiens akan melakukan pembelian jika 3 proses di atas telah mereka lakukan.
Sekedar tambahan, proses dalam menyusun strategi konten marketing ini, yang akan terjadi adalah pengenalan merek dan proses pembelian.
Jenis Content Marketing Untuk Pemasaran Produk
Sebelum masuk ke dalam berbagai bentuk konten marketing, kita akan membahas dari segi fungsi
Tipe Konten Marketing Berdasarkan Tujuan
Adapun jenisnya antara lain :
1. Konten Pemasaran Yang Informatif
Jenis konten ini umumnya dilakukan dengan memberikan informasi mengenai produk kamu secara detail. Model content marketing ini dapat berupa gambar, video dan lain sebagainya.
2. Konten Edukasi
Konten ini memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang ada pada konsumen terhadap suatu produk. Jenis konten ini umumnya berupa tips, cara, bagaimana dan lain-lain.
3. Konten Marketing
Bila ingin jualan pada media online, salah satunya senjata digital pemasaran sudah pasti konten pemasaran . Bukan berisi mengenai penawaran produk anda, tetapi konten pemasaran punyai watak yang dapat arahkan dan diharapkan pelanggan untuk beli
Susunan konten pemasaran yang pas :
- Awal kalimat 60 % konsentrasi pada permasalahan yang ditemui pelanggan , memberi pembelajaran dan info bagaimana jalan keluar dari permasalahan mereka. Atau kamu dapat menceritakan mengenai manfaat apa yang diberikan produk tersebut untuk audiens
- Selanjutnya paragraf ke-2 30% arahkan audiens untuk memulai tertarik lewat produk yang Anda pasarkan itu , seperti kelebihan, pengalaman pengguna, dan referensi
- Kemudian 10% kamu arahkan call to action untuk menarik order atau contact pada paragraf terakhir.
4. Interaksi
Tipe ini sering di gunakan pada media sosial. Akan tetapi, belakangan akun-akun yang membuat konten tentang produk dapat menggangu audiens.
Untuk itu kamu harus jeli dalam membuat konten interaksi ini di media sosial.
5. Review
Model konten yang lagi hype ini, memiliki pengaruh yang kuat untuk membuat audiens percaya terhadap produk yang kamu tawarkan. Kamu dapat menggunakan endorser atau ambasador untuk mereview produk yang kamu tawarkan.
Contoh Content Marketing Untuk Pemasaran
Adapun jenisnya sebagai berikut :
1. Infografik
Memberikan informasi lewat grafik berupa gabungan tulisan dan gambar mulai di gandrungi para pembuat konten.
Yang pasti dengan model seperti ini informasi yang di sajikan pasti to the point dengan desain gambar yang menarik.
Contohnya seperti gambar di bawah ini.
2. Website Blog
Kamu dapat menggunakan media ini untuk menyasar audiens kamu. Konten dalam bentuk tulisan juga berguna untuk mengambil trafik audien dalam pemasaran digital.
Tidak cukup sampai disini, untuk memasarkan konten tersebut kamu harus menggunakan tehnik seo atau sem.
Contoh website blog seperti gambar di bawah ini :
3. Contoh Konten Marketing di Instagram
Media sosial merupakan platform interaksi yang cukup besar penggunanya saat ini. Seperti instagram, media ini juga banyak di gunakan pelaku bisnis untuk memasarkan produknya
Instagram merupakan paket komplit untuk membuat sebuah konten. Kamu bisa menggunakan gambar, video, story dan sebagainya.
Contoh konten marketing instagram di bawah ini kita ambil milik akun inang-inang.
4. Podcast
Podcast merupakan singakatan dari ipod broadcast. Media yang satu ini lagi di gandrungi oleh para konten kreator di Indonesia.
Pencetus awal podcast menjadi bergairah kembali adalah deddy corbuzier. Nah melihat perkembangan ini, podcast juga menjadi salah satu pilihan buat kamu untuk melakukan pemasaran digital.
5. Video
Platform-platform video yang memiliki banyak pengguna antara lain youtube dan tiktok. Ini sangat efektif buat kamu mengembangkan content marketing untuk pemasaran bisnis kamu.
Alasannya simple, media ini memiliki akses yang sangat mudah untuk audiens gunakan. Untuk yang satu ini, coba kamu pikirkan untuk menggunakannya.
Untuk pembahasan selengkapnya mengenai jenis content marketing ini, kamu bisa mengunjungi artikel di bawah ini.
Jenis Content Marketing Untuk Pemasaran Produk
Strategi Content Marketing Untuk Pemasaran Produk
Strategi konten marketing di dunia pemasaran berkembang dengan cepat seiring dengan semakin berkembangnya perubahan info media .
Ada 5 konsentrasi atau kunci khusus dalam konten pemasaran untuk menjelaskan taktik pemasaran produk kamu bisa mengundang perhatian audiens , yakni :
– Penelitian
– Tetapkan Sasaran Audiens
– Menentukan arah perolehan atau tujuan
– Menentukan dasar media – Berkaitan , berharga dan stabil
Karena itu , saat sebelum kamu membuat suatu konten pemasaran , coba perhatikan lebih dulu apa yang ingin kamu capai
7 Cara Membuat Taktik Konten Pemasaran Produk
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut
Langkah-Langkah Membuat Taktik Content Marketing Bagus
Untuk membantu kamu memnyusun content marketing , berikut 7 cara membuat taktik konten pemasaran :
- Lakukan Penelitian Pasar
- Tentukan Sasaran Pemirsa
- Tetapkan Tujuan
- Tentukan Basis Media
- Pakai Taktik Search Engine Optimize ( SEO ) Atau SEM
- Review Ulang
Untuk ulasan selengkapnya kamu dapat klik judul artikel di bawah ini
Strategi Content Marketing Untuk Pemasaran Produk
Tertarik untuk menjadi konten marketer ? berikut keahlian yang harus kamu punya untuk menjadi seorang konten marketing.
Keahlian Yang Harus Di miliki Seorang Konten Marketing
Jikalau kamu belum atau sudah memiliki skill seperti kita ulas di bawah ini, kamu sudah pas untuk terjun dalam dunia ini.
4 Skill Yang Harus Dimiliki Content Marketing
Adapun keahlian yang harus di pelajari adalah :
1. Storytelling
Kamu harus mampu bercerita untuk menjadi seorang content creator. Buat kamu yang memiliki bakat atau ingin mempelajarinya, kamu bisa ikuti kelas public speaking.
Selain itu, kamu juga harus sering mengamati dan mendengar para penyiar radio, MC, atau mengamati konten-konten serupa.
2. Menulis
Orang yang memiliki bakat bercerita bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan. Skill ini juga di butuhkan untuk membuat sebuah konten marketing.
3. Komunikasi
Dalam industri marketing, kamu harus memiliki komunikasi yang baik secara verbal atau pun non verbal.
Karena dalam pekerjaan ini kamu akan banyak bersentuhan dengan orang banyak. Untuk itu, kebutuhan untuk merayu konsumen harus memiliki komunikasi yang baik.
4. Peduli
Yang terakhir adalah kamu harus peduli dan mengikuti perubahan trend yang ada. Sehingga dalam pembuatan kontenmu juga mengikuti pasar.
Selain dibutuhkan hal yang kreatif, kamu harus jeli untuk meningkatkan brand awareness produk kamu.
Itulah artikel mengenai Content marketing yang secara utuh telah kita ulas. Semoga menjadi manfaat buat kita semua.