Iklan media cetak masih banyak di gunakan sebagai alat promosi, walaupun eranya sudah masuk kedalam digital. Karena media cetak masih memiliki peminat, media ini menjadi media yang sangat segmented.
Penyebab berkurangnya peminat media cetak, tak lain karena kemajuan teknologi. Dengan kemajuan ini media-media elektronik menjadi pilihan pengiklan seperti media televisi, digital maupun media sosial.
Walaupun seperti itu, jenis promosi ini masih menjadi pilihan sebahagian pengiklan, karena di anggap juga sebagai media yang segmented.
Daftar Isi
Apa Yang Dimaksud Dengan Iklan Media Cetak ?
Iklan media cetak menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah alat promosi yang menggunakan sarana media massa di cetak dan di terbitkan secara berkala.
Iklan ini di temukan pada abad ke 15, sejak di temukannya mesin cetak. Awalnya iklan ini hanya berbentuk poster, brosur atau selebaran, serta iklan baris di koran.
Nah pada abad ke 19, jenis iklan yang populer di era nya memiliki perkembangan yang signifikan. Karena di kemas dengan grafis, layout, litografi serta melalui proses cetak yang lebih canggih.
Iklan ini biasanya di pasang dan di terbitkan di koran, majalah, poster, dan sebagainya.
Jenis-Jenis Iklan Media Cetak
Berikut Yang Merupakan iklan media cetak adalah :
Iklan Baris
Jenis ini adalah iklan yang di muat pada koran tanpa gambar. Hanya berupa tulisan kata-kata sesingkat-singkatnya.
Biasanya jenis iklan ini digunakan untuk iklan lowongan pekerjaan, otomotif dan perumahan atau properti
Iklan Kolom
Iklan ini sebenarnya lebih menarik daripada iklan baris. Ciri iklan iklan kolom adalah iklan berupa kolom yang ada di koran beserta gambar ilustrasi dan teks kata-kata
Iklan Display
Media iklan ini hampir sama dengan iklan kolom, akan tetapi iklan ini memiliki perbedaan di ukuran yang lebih besar.
Iklan Advetorial
Iklan advetorial juga merupakan salah satu iklana media ini. Gaya yang di tampilkan berupa cerita atau stori yang menjelaskan tentang produk yang diiklankan tersebut. Cara ini bertujuan untuk lebih dekat ke target konsumen.
Iklan Selebaran
Salah satu jenis yang satu ini disebut iklan selebaran. Jenis ini penempatannya berbeda dengan jenis di atas. Jenis iklan selebaran ini dapat berupa poster, brosur, leaflet dsb.
Ciri-Ciri Bahasa Iklan Dalam Media Cetak
Adapun ciri-cirinya sebagai berikut :
- Persuasif
- Komunikatif
- sugestif
- Informatif
Cara Membuat Iklan Media Cetak Dengan Mudah
Berikut cara membuat iklan yang menarik dan mudah pada media cetak :
- Kamu buat tema yang akan kamu iklankan
- Tentukan warna sesuai dengan colour identity brand kamu
- Desain dengan menarik, kamu bisa baca di sini cara menggunakan canva : membuat desain promosi dengan canva
- Isi dengan copywriting atau bahasa iklan yang baik
- Gunakan kalimat yang padat dan jelas.
- Tentukan target kamu.
Dengan langkah itu kamu akan melihat manfaat dari iklan tersebut. Apa saja manfaat yang bisa kamu dapat ? berikut kita tuangkan.
Kelebihan dan Kekurangan Media Iklan ini
Kelebihan
- Membangun Awareness brand kamu
- Target yang segmented
- Meningkatkan penjualan
Kekurangan
- Iklan harus di kemas dengan padat, terkadang informasi kurang lengkap
- Memiliki target pembaca yang terbatas, karena harus sesuai geografi penyebaran
- Ukuran yang di tawarkan media ini menyebabkan menurunnya kualitas iklan.
- Berbiaya cukup mahal.
Contoh Iklan Cetak Beserta Gambar
Beberapa contoh iklan yang terdapat di media ini akan kami jelaskan. Berikut penjelasannya
Contoh Iklan Kolom, Baris, Advetorial, Serta Display
Seperti yang sudah dunia periklanan jelaskan di atas berikut contoh gambar yang bisa kami sajikan.
Contoh Iklan cetak pada brosur, poster, spanduk,
Beberapa contoh iklan cetak untuk selebaran
Itulah artikel mengenai iklan media cetak, semoga apa yang kami sajikan bisa bermanfaat buat kita semua.
Baca Juga : Pengertian Iklan, Jenis, Fungsi Serta Unsur Iklan