Iklan Media Elektronik. Setelah sebelumnya dunia periklanan mengulas tentang iklan media cetak, kali ini kita membahas tentang iklan media elektronik mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenisnya serta contoh yang akan tuangkan.
Sama seperti iklan yang lain, penggunaan iklan ini hanya terdapat pada perbedaan medianya saja. Lantas apa yang dimaksud dengan iklan media elektronik ?
Daftar Isi
Yang Dimaksud Dengan Iklan Media Elektronik
Iklan media elektronik adalah suatu bentuk promosi atau pemasaran yang dilakukan melalui media elektronik seperti radio, televisi, dan internet.
Dibandingkan dengan iklan media cetak, iklan ini memiliki potensi jangkauan yang lebih luas karena mampu menjangkau penonton yang lebih besar dan beragam.
Perbedaan Antara Iklan Media Cetak dan Elektronik
Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik terletak pada medianya. Iklan media cetak ditempatkan dalam bentuk fisik seperti koran, majalah, atau selebaran.
Sementara itu, iklan media elektronik berjalan melalui perangkat elektronik seperti radio, televisi, atau internet. Ini memungkinkan iklan elektronik untuk menggunakan elemen multimedia seperti suara, gambar, dan video.
Secara manfaat seluruh iklan memiliki fungsi yang sama pada produk. Atau kamu bisa ulang baca artikel tentang pengertian iklan di bawah ini :
Pengertian Iklan : Definisi, Tujuan Dan Jenis Iklan
Menelisik dari penjelasan di atas, jenis iklan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Ciri Ciri Iklan Elektronik
Jenis iklan ini memiliki ciri khas di banding dengan iklan media cetak atau yang lainnya. di antaranya sebagai berikut :
- Menggunakan audio, efek suara, dan lain-lain
- Memiliki visual yang bergerak dan tidak bergerak
- Menggunakan copywriting yang menarik, padat dan tepat sasaran.
- Kemudia Biasayanya di sampaikan dalam bentuk story telling
Jenis-jenis Iklan Elektronik Dan Kelebihannya
Ada beberapa jenis iklan media elektronik yang familiar kita jumpai. Di antaranya adalah iklan radio, televisi, maupun iklan berbasis internet.
Berikut Penjelasannya :
Iklan Elektronik Televisi
Jenis iklan ini memiliki ciri khas tersendiri di banding jenis iklan lainnya, yaitu memiliki visual serta audio yang menarik.
Iklan ini memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu :
Kelebihan Iklan Televisi
- Memiliki visual bergerak serta audio
- Bentuk iklan sangat menarik
- Memiliki daya tarik yang kuat
- Jangkauan audiens yang sangat luas
Kekurangan Iklan Televisi
- Biaya produksi yang begitu mahal
- Memiliki durasi yang singkat
- Proses pengerjaan yang begitu lama
- Kalau salah sasaran, iklan ini menjadi tidak menarik.
Iklan Elektronik Radio
Berbeda dengan jenis iklan di atas, iklan radio memiliki karakteristik berupa audio, musik yang menjadi jingle, serta efek-efek suara tambahan untuk menjelaskan cerita tentang iklan tersebut.
Walaupun d sudah mulai di tinggalkan, jenis iklan ini juga masih efektif di gunakan.
Adapun kelebihan dan kekurangan nya yang perlu kamu ketahui :
Kelebihan Iklan Radio
- Bisa di dengar kapan saja, baik di kenderaan, lagi santai, dan sebagainya
- Tergolong memiliki target audiens yang segmented
- Memiliki biaya iklan murah
- Jangkauannya luas, serta bisa disisipkan dalam program penyiar.
Kekurangan Iklan Radio
- Iklan bersifat audio saja.
- Di putar berdasarkan wilayah jangkauan
- Walaupun, berbiaya murah, iklan radio harus sering di putar
- Kalau tidak di eksekusi dengan kreatif, iklan ini menjadi tidak menarik
Iklan Elektronik Internet
Jenis iklan ini mulai menjadi favorit buat para pebisnis atau pengusaha. Selain berbiaya murah, iklan ini memiliki perpaduan televisi dan radio.
Ada beragam jenis iklan internet yang di tawarkan buat kamu di antaranya google ads, fb ads, whatsapp blass, email blast, dan lain-lain.
Walaupun begitu, jenis iklan ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut penjelesannya :
Kelebihan Iklan Elektronik Internet
- Berbiaya murah
- Memiliki target audiens yang sangat luas
- Dapat mengelompokkan target yang segmented
- Kemudian Insight iklan dapat kita lihat dan analisa sendiri.
Kekurangan Iklan Elektronik Internet
- Persaingan sangat kompetitif
- Perlu kemampuan dalam pembelanjaan medianya
- Target audiens masih banyak menggunakan ad block ( membatasi iklan yang di lihat )
Contoh Iklan Media Elektronik
Berikut dunia periklanan tunjukin contoh iklan dari jenis iklan elektronik yang sudah kami jelaskan.
Contoh Iklan Radio
1. Iklan Paramex
Script :
[Musik]
Ibu : “ton anton, cepetan ditunggu temen-temen kamu tuh
Anton : “Bu aku ikutan lomba karaoke final nih, ( meringkih sakit kepala )
Pesan Iklan : ” jangan sampai saat penting anda di kalahkan sakit kepala yang menjengkelkan, sakit kepala paramex obatnya !
Ibu : ” wah anton ada di tv ”
Pesan Iklan : “yang pernah sakit kepala tahu Paramex produksi konimex obat ini dapat menyebabkan kantuk baca aturan pakai Jika sakit berlanjut hubungi dokter”
Contoh Iklan Radio Dalam Bentuk Audio
2. Iklan Good Day
Script :
10 hari ini enaknya ngapain ya biar bisa balikin mood dan semangat Oh iya kan ada kopi Goku Awali harimu dengan minum kopi Putri minuman kopi yang instan enak dan banyak pilihan rasa bisa diminum panas ataupun dingin bikin mood dan semangat kita balik lagi manisnya kopi goodday kita hari jadi lebih berwarna Oke Kute karena hidup perlu banyak
Contoh Iklan Radio Good Day
Iklan Televisi
1.Iklan Minuman Pada Media Elektronik
Script :
Hai Hai guys ayo berpikir jernih nyatanya spray kemasan pas pas dikantong taruh yang gak pas basah juga pasti dompet tapi enggak usah dimasukin nyatanya memang pas porsinya Sekali minum oh iya tapi ya nggak usah lebay [Musik] Sprite nyatanya fast nggak lebay.
Iklan Internet
1.Contoh Iklan Google Adsense
FAQs – Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah iklan elektronik hanya berupa gambar?
Tidak, iklan media elektronik bisa berupa kombinasi gambar, suara, dan video, membuatnya lebih menarik.
Berikan contoh iklan media elektronik yang sukses mendapatkan perhatian publik?
Tentu, contohnya adalah kampanye “Share a Coke” yang melibatkan nama-nama konsumen di dalam label produk.
Apa kelebihan utama iklan televisi dibandingkan iklan radio?
Iklan televisi mampu menampilkan visual yang lebih kaya dan menarik, sementara iklan radio lebih mengandalkan daya imajinasi pendengar.
Apakah iklan media elektronik lebih mahal daripada iklan cetak?
Umumnya, iklan elektronik cenderung lebih mahal karena teknologi dan jangkauan yang lebih luas.
Bagaimana saya bisa memilih jenis iklan elektronik yang tepat untuk bisnis saya?
Pilihlah jenis iklan elektronik berdasarkan karakteristik target pasar Anda dan budget yang dimiliki.
Itulah penjelasan mengenai Iklan Media Elektronik : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Dan Contoh yang bisa kami berikan.
Terima kasih telah membaca artikel ini! Semoga informasi tentang iklan elektronik bermanfaat bagi Anda yang ingin mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik dan efektif.
Semoga menjadi manfaat buat kita semua.
Baca Juga :
-
Iklan Media Cetak : Pengertian, Ciri-ciri, Dan Contoh Beserta Gambar
-
Beberapa Contoh Iklan Pengumuman Atau Contoh Iklan Pemberitahuan