Jenis Content Marketing Untuk Pemasaran Produk

Dunia Periklanan

jenis content marketing

 

Jenis Content marketing yang dunia periklanan ulas kali ini terkait digital marketing atau biasa kita kenal pemasaran lewat digital atau internet.

Konten marketing dapat menjadi dan merubah sikap audiens terhadap suatu produk.

Sebelum kamu terlalu jauh membaca artikel ini, alangkah baiknya kamu membaca apa itu content marketing dalam artikel di bawah ini.

Yang Dimaksud Dengan Content Marketing Dalam Dunia Bisnis

Untuk selanjutnya,  maka penting buat kamu yang ingin terjun dalam bisnis online untuk mengenal jenis content marketing untuk strategi pemasaran kamu.

Berbagai macam jenis content ( konten ) hadir seiring semakin banyaknya media promosi yang di gunakan. Tujuannya tak lain adalah untuk membangun brand awareness serta meningkatkan penjualan suatu produk.

Konten yang di eksekusi secara kreatif, akan memancing audiens untuk mengenal lebih jauh tentang hadirnya sebuah brand.

Di tambah lagi keberadaan media digital membuat audiens berkumpul yang memudahkan kita untuk menentukan target pasar kita.

Ada beberapa jenis content marketing yang bisa kamu gunakan untuk pemasaran online kamu. Yuk terus scroll ke bawah.

5 Jenis Konten Marketing Digital Untuk Pemasaran Online

jenis content marketing

Ada beberapa jenis konten marketing yang dapat kita kelompok berdasarkan fungsi dan tujuannya antara lain seperti di bawah ini :

Jenis Konten Pemasaran Berdasarkan Fungsi Dan Tujuannya

Adapun jenis konten tersebut adalah :

 1. Konten Informatif

Biasanya konten jenis ini terkait dengan informasi produk atau bisnis kamu. Jenis konten ini dapat kamu buat dalam format gambar atau video.

2. Konten Edukasi

Nah, untuk yang satu ini adalah jenis konten yang memberikan sebuah solusi atau biasa kita sebut dengan edukasi dan jenis konten ini dapat kamu kaitkan dengan produk atau bisnis kamu.

Misalkan produk kamu merupakan jenis makanan beku yang bisa di olah kembali. Kamu dapat membuat konten tentang tips, cara dan lain sebagainya untuk menambah nilai dari strategi pemasaran digital yang kamu buat.

3. Konten Marketing

Bila ingin jualan pada media online, salah satunya senjata digital pemasaran sudah pasti konten pemasaran . Bukan berisi mengenai penawaran produk anda, tetapi konten pemasaran punyai watak yang dapat arahkan dan diharapkan pelanggan untuk beli

Susunan konten pemasaran yang pas :

  • Awal kalimat 60 % konsentrasi pada permasalahan yang ditemui pelanggan , memberi pembelajaran dan info bagaimana jalan keluar dari permasalahan mereka. Atau kamu dapat menceritakan mengenai manfaat apa yang diberikan produk tersebut untuk audiens
  • Selanjutnya paragraf ke-2 30% arahkan audiens untuk memulai tertarik lewat produk yang Anda pasarkan itu , seperti kelebihan, pengalaman pengguna, dan referensi
  • Kemudian 10% kamu arahkan call to action untuk menarik order atau contact pada paragraf terakhir.

4. Konten Interaksi

Jenis konten ini pada umumnya sering di gunakan pada sosial media.

Namun, pada akun media sosial bisnis terkadang sedikit sulit untuk melakukan interaksi tersebut. Karena audiens selalu menganggap akun tersebut sebagai akun jualan.

Makanya, kamu harus dapat membangun interaksi yang kuat, karena semakin tinggi alogaritma akun kamu di media sosial maka akan semakin bagus.

5. Konten Cerita Atau Review

Hampir sama dengan konten interaksi, konten story atau cerita sering di gunakan pada media sosial.

Pada umumnya para pelaku bisnis sering menggunakan endorser atau ambasador untuk mereview produk mereka. Target nya adalah interaksi pengikut dari pemilik akun endorser tersebut.

Tak cukup hanya mengetahui jenis konten di atas. Selanjutnya untuk mencapai target yang maksimal kamu harus mampu menyusun strategi membuat konten tersebut.

Tenang saja, dunia periklanan sudah menyediakan artikel mengenai strategi konten marketing tersebut. kamu hanya cukup klik artikel di bawah ini untuk membaca selengkapnya.

Strategi Content Marketing Untuk Pemasaran Produk

Setelah kamu mengetahui jenis konten tersebut, selanjutnya mai akan ulas jenis konten berdasarkan media nya.

6 Jenis Content Marketing Yang Sering Digunakan Dalam Pemasaran Digital

Adapun beberapa jenisnya antara lain :

Konten Blog

Artikel yang di upload melalui web yang biasa disebut dengan blog dapat membantu audiens agar mengetahui tentang merek Anda.

Implementasi penulisan artikel memakai tehnik SEO (Search Engine Optimization) agar tulisan kamu memiliki peringkat di alogaritma google.

SEO sekarang banyak di aplikasikan banyak merek untuk raih tangga paling atas mesin pencarian . Penulisan wajib menggunakan kata kunci yang di rekomendasi google untuk penuhi peringkat engine.

Konten Video

Konten video lebih mudah di pahami oleh beberapa audiens untuk menangkap info berbentuk visual di banding teks.

Bahkan menurut riset HubSpot , sekitar 54% audiens menginginkan tipe konten video di banding tipe konten yang lain . Karena itu , dapat diambil kesimpulan jika membuat konten video dapat menarik penonton semakin banyak .

Konten- konten seperti trik dan tips , ulasan produk dari audiens , referensi produk, sampai faedah dari produk dapat di perlihatkan dengan pengepakan menarik berbentuk video.

Video daya magnet dapat membuat penonton semakin nyaman lama-lama di konten situs .

Dampaknya , audiens dapat mengenali merek Anda dan saat minat itu semakin bertambah , mereka akan mulai mengikuti merek Anda.

Infografis

Memberi info berbentuk data benar-benar pas bila di hidangkan berbentuk infografis. Wujud content visual dapat memudahkan daya tangkap pelanggan .

Content semacam ini dapat memberikan dukungan internet marketing pada pelanggan .

Generated Konten User

Content tipe ini termasuk simpel , yaitu hanya mengupload ulangi penilaian atau memposting pelanggan .

Beberapa pelanggan dapat merasakan jalinan baik dengan merek Anda. Pelanggan biasanya lebih memercayai ulasan dari sama -sama pelanggan di bandingkan komunikasi yang di katakan oleh merek .

Wujud pemakai konten yang di hasilkan bisa berbentuk foto , video, atau artikel ulasan produk.

Berkarya ini cukup menarik perhatian audiens lain agar mengenali merek Anda serta ingin membuat konten lain yang menarik untuk di upload kembali oleh merek Anda. Jalinan baik semacam ini dapat di buat secara terus-menerus .

Testimoni Pelanggan

Salah satunya faktor tingkat keyakinan pelanggan di toko online adanya testimoni positif dari pelanggan. Mengupload referensi atau pembahasan produk oleh pelanggan sebagai konten sebagai langkah yang serupa seperti Pemakai Generated Konten .

Ke-2 nya sama menerbitkan content dari audience . Konten referensi dapat di jadikan magnet rekomendasi yang ingin Anda pertimbangkan untuk audiens agar menontonnya .

Anda dapat mengupload komentar pembahasan yang dari web , marketplace, atau basis yang lain untuk konten di media sosial sah merek Anda.

Namun , tipe konten semacam ini tidak dapat sering di pakai . Pakai seperlunya saja agar penonton tidak terasa terusik dengan adanya banyak konten testimoni pelanggan .

Content Berbayar atau Influencer

Sewa jasa influencer untuk melakukan marketing jadi sebuah langkah baru di dunia digital. Dampaknya positifnya adalah kamu dapat menjangkau audiens yang tidak dapat kamu raih .

Kerjakan proses penyeleksian influencer yang pas dari sisi latar belakang agar kecocokan dengan merek tepat. Incar pasar prospektif itu dengan memberi konten yang tepat.

Misalnya, saat Anda memiliki produk makanan tambahan energi , benar-benar yakin akan memakai jasa influencer yang umumnya beroperasi di sektor masak-masak . Tentu Anda akan memilih influencer yang rajin olahraga atau bahkan seorang olahragawan .

Untuk artikel selengkapnya kamu bisa kunjungi judul di bawah ini :

Content Marketing: Maksud, Jenis, Dan Strategi Dan Contoh

Itulah artikel mengenai jenis content marketing yang dapat dunia periklanan ulas. Semoga menjadi manfaat buat kita semua.

 

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tinggalkan komentar