Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi sangat dimanfaatkan oleh para marketer profesional. Bahkan konsep ini sudah menjadi andalan dalam dunia pemasaran.
Daftar Isi
Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan Dan Promosi
Di dunia yang bersaing dengan media marketing dan advertising yang tidak terhitung jumlahnya serta promosi marketing yang kuat , Anda harus mengkomunikasikan pesan marketing yang stabil memakai pendekatan 360 derajat dalam mengevaluasi hasil kinerja untuk perkuat status Anda, menutupi kelemahan data dan menemukan titik pasar yang berpengaruh pada calon konsumen setia Anda dan konsumen setia yang telah ada.
Berikut tutorial mengenai komunikasi marketing terintegrasi untuk menolong Anda bekerja maju dengan pendekatan ini untuk mengembangkan program komunikasi pemasaran :
Apakah itu Integrated Marketing Communication?
Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) ialah sebuah ide di mana perusahaan secara berhati-hati memadukan dan mengoordinasikan banyak aliran komunikasinya untuk sampaikan pesan yang terang dan stabil. Ini mempunyai tujuan untuk pastikan stabilitas pesan dan pemakaian media yang sama-sama lengkapi.
IMC ialah integrasi dari semua alat marketing yang bertujuan untuk pengembangan , pendekatan dan sumber daya di perusahaan yang mengoptimalkan imbas pada pemikiran customer yang hasilkan keuntungan maksimal dengan ongkos minimal.
Dengan cara-cara inovatif kita pastikan konsumen setia akan memperoleh pesan yang pas pada tempat dan waktu yang akurat.
Alat IMC
Beberapa elemen promosi yang digunakan dalam menggunakan kombinasi strategi marketing sebagai alat khusus Komunikasi Marketing Terintegrasi ialah seperti berikut:-
Advertising
Advertising merujuk pada semua wujud promo produk atau service non-pribadi berbayar dalam memproduksi iklan serta membeli media. Beragam media yang dipakai ialah Cetak (media massa dan majalah), tayangan (radio dan televisi), jaringan (satelit, nirkabel dan telepon), electronic (halaman situs, audio dan videotape) dan display ( billboard , dan poster).
Keuntungan khusus advertising ialah menjangkau customer yang menyebar secara geografis. Customer biasanya condong yakin jika merk yang diiklankan secara besar harus tawarkan beberapa ‘nilai bagus’ tapi di saat yang serupa, iklan bisa dibuktikan jadi wujud promo yang mahal, karena dalam penentuan belanjanya iklan membeli media time.
Promo Pemasaran
Beragam stimulan periode pendek untuk menggerakkan eksperimen atau pembelian produk atau jasa. Ini kemungkinan terhitung sebagai promo customer – fokus pada customer – seperti penawaran pembelian dengan jumlah yang semakin tinggi akan mendapat potongan harga, Atau promo perdagangan – fokus pada retail – seperti sokongan display dan merchandise, potongan harga volume, pembayaran untuk stimulan performa dan stimulan untuk tenaga pemasaran.
Promo pemasaran menolong mengundang perhatian customer dan tawarkan undangan untuk lakukan transaksi bisnis dengan memberi beragam tipe stimulan.
Pemasaran Individu
Melakukan hubungan emosional dengan bertemu tatap muka kepada konsumen untuk lakukan presentasi penjualan. Alat ini juga merupakan salah satu strategi yang efisein di tahapan lanjutan dari proses pembelian.
Dengan melakukan ini kita dapat mengetahui permintaan konsumen secara langsung.
Public Relation
Beragam program dapat kita tujukan untuk meningkatkan jalinan antara produk, organisasi dan khalayak.
Public Relation ialah komunikasi dua arah yang bisa mengawasi operan balik dan menyesuaikan pesannya untuk memberi faedah optimal. Publikasi dapat kita manfaatkan sebagai nilai informasi dari produk atau jasa untuk ditebarluaskan ke media informasi lainnya. Ataupun kita bisa menggunakan program Advertising Public Relation CSR Interactive Marketing.
Marketing langsung
Kombinasi strategi marketing mix dalam Marketing Langsung sudah mulai mengikutsertakan pemakaian surat, telephone, faks, e-mail, atau internet untuk berbicara langsung dengan atau minta respon atau diskusi dari konsumen setia atau calon konsumen setia tertentu.
Event
Sponsor tingkatkan visibility perusahaan. Perusahaan memberikan konsumen setia pengalaman memakai produk yang pada akhirnya mengarah pada daya ingat merk yang semakin tinggi .
Marketing sosial media
Ide marketing sosial media pada intinya merujuk di proses mempromokan usaha atau website lewat aliran sosial media. Perusahaan sukses memperoleh perhatian besar pada aliran itu dan bisa berhubungan dengan customer saat mereka menelusuri internet.
Media ini mempunyai kekuatan besar sebagai alat yang sangat interaktif.
Komunikasi Pemasaran Terpadu Menurut Para Ahli
Menurut Kotler dan Keller (2012:476), Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual.
Intinya metode ini untuk menciptakan pengalaman yang baik antara brand dan konsumen dalam berbagai aspek marketing mix.
Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu.
Dalam penentuan strategi komunikasi pemasaran terpadu ( IMC ) ini, kita harus dapat mengelompokkan target kita. Ini berguna agar sasaran komunikasi yang kita buat tidak melenceng dari tujuan pemasaran produk tersebut.
Adapun di antaranya :
-
Target Market ( TM ) VS Target Audiens ( TA )
TM merupakan siapa yang mengonsumsi produk kita. TA siapa yang menjadi target komunikasi.
-
Strategi Pesan
Meliputi konsep, penetrasi pesan (pendekatan dan daya tarik ), serta cara mengeksekusinya.
- Strategi Media
Kombinasi pengunaan media, interpersonal, serta interaktif.
-
Line Element
Strategi ini meliputi soft selling dan hard selling
-
Budget
Dengan konsep ini, kita juga bisa mengukur budget promosi yang akan kita gunakan dalam memasarkan suatu produk.
Contoh Komunikasi Pemasaran Terpadu
Ada salah satu umkm yang berada di kota Medan, melahirkan produk di masa pandemi dengan strategi IMC seadanya inang inang nama brand nya.
Semua informasi yang di jual inang inang, mewakili pesan yang ada di poster ini. Termasuk penekanan dari colour identity brand tersebut.
Merancang Dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu
Di dalam berbagai jenis media,lintas antar media harus terjadi sinergisitas dan terintegrasi. Untuk mencapai dampak maksimum, sesorang pemasar harus dapat menggabungkan saluran komunikasi pribadi dan non pribadi tetapi pemasar harus menggabungkan saluran komunikasi pribadi dan nonpribadi dalam kampanye promosi produk.
Itulah ulasan mengenai Komunikasi Pemasaran Terpadu.