Macam-macam media sosial beragam fungsinya untuk promosi. Salah satu jenis media promosi online ini juga sangat efektif dalam pemasaran suatu produk.
Dalam era pemasaran digital, media sosial menjadi prioritas penting sebagai sarana promosi bahkan sarana penjualan suatu produk.
Menurut dunia periklanan, tidak ada satu pebisnis sukses yang tidak menggunakan media yang satu ini.
Buat kamu yang tidak tahu pengertian media sosial ini, kamu bisa search wikipedia. Di sini kamu akan di jelaskan tentang pengertiannya bahkan langsung menurut beberapa ahli nya.
Pembahasan kita kali ini tentang macam-macam pemasaran melalui media sosial sebagai sarana promosi.
Apa Saja, yuk kita bahas satu per satu !
Daftar Isi
Macam – Macam Pemasaran Melalui Media Sosial
Seperti yang kita ketahui, jenis pemasaran online ini paling di minati oleh pelaku bisnis. Selain karena berbiaya murah bahkan gratis, alat promosi yang satu ini bisa menjadi pusat berkumpulnya audiens atau target konsumen.
Lantas, jenis media sosial apa saja yang paling sering di gunakan oleh pelaku bisnis, berikut penjelasannya :
1. Instagram Sebagai Media Promosi
Belakangan, instagram banyak di gunakan sebagai media promosi online shop. Padahal pada hakekatnya media sosial ini adalah untuk berkumpul dan berinteraksi secara sosial di dunia internet.
Dengan menawarkan fitur fitur yang unik, instagram bertambah fungsi menjadi salah satu alat promosi yang efektif.
Walaupun memiliki kelebihan, instagram juga memiliki kekurangan sebagai alat promosi.
Secara personal, instagram juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah buat beberapa orang, diantaranya para selebgram.
Tapi bukan itu yang kita bahas. Kita akan membahas bagaimana menjadikan alat promosi yang baik.
Cara Promosi Di Instagram Bagi Pebisnis
- Jadikan akun personal ke akun bisnis
- Maksimalkan feed instagram
- Gunakan dengan maksimal fitur-fitur yang ada di instagram
- Tambahkan hastag setiap akhir postingan atau caption
- Rutin memposting konten, baik foto atau pun video
- Gunakan facebook ads untuk mempromosikan akun instagram mu
2. Facebook
Facebook adalah media sosial dengan pengguna terbanyak. Media sosial paling populer ini juga sudah bertambah fungsi sebagai alat pemasaran dan promosi.
Sebagai media sosial populer, para marketers melihat peluang ini. Bahkan Facebook sendiri juga sudah menambah fitur bisnis dalam pengelolaannya.
Dengan fitur yang sudah di tambah oleh facebook, kamu juga bisa berjualan online di sana.
Cara Jualan Online di Facebook
- Buat fanpage Facebook bisnis kamu, Caranya :
- Klik tautan berikut ini
- Isi nama halaman dan kategori
- Setelah mengisi klik “Buat Halaman”
- Lanjutkan dengan memasang foto profil dan sampul
- Klik “Simpan”
- Kemudian lanjutkan dengan mengisi detail informasi lain
- Ikuti group-group facebook lainnya
- Upload produk kamu di marketplace facebook
- Aktifkan layanan Facebook Ads
- Kamu promoin produk atau usaha kamu
3. Youtube
Dengan semakin meningkatnya populer youtube sepanjang tahun ini, menjadikan youtube semakin digemari oleh semua kalangan.
Dari anak-anak, dewasa, orang tua, dan sebagainya. Youtube sudah hampir menjadi kebutuhan untuk menghilangkan penat semua kalangan.
Hasil riset Hubspot konten video (43%) lebih berkesan dari pada teks ( 18% ) serta gambar (36 % ) sisanya semuanya suka.
Melihat hasil riset ini, bukan tak mungkin youtube menjadi media promosi paling efektif untuk kategori video.
Cara Manfaatkan youtube menjadi media promosi
- Buat aku youtube utuk produk kamu
- Buat konten edukasi atau pun iklan video mengenai produk kamu
- Lakukan kolaborasi dengan youtuber
- Gunakan iklan di youtube untuk mempromosikan produk kamu
4. Tiktok
Baru di rilis tahun 2016, tiktok masuk dalam jajaran aplikasi media sosial hiburan cukup populer. Banyak pengguna tiktok yang pasarkan produknya juga lewat media ini.
Pada periode wabah Covid-19, banyak pelaku bisnis alami pengurangan penghasilan usaha
Hal itu membuat beberapa pebisnis cari jalan keluar untuk selalu mendapat penghasilan. Salah satunya usaha yang bisa dilaksanakan ialah lakukan promo produknya lewat media sosial.
Sekarang ini basis media sosial yang terkenal ialah Tiktok. Keseluruhan unduhan program Tiktok di tahun 2020 sekitar 63 juta kali dan Indonesia jadi negara yang terbanyak mengambil program itu sejumlah 11% dari keseluruhan unduhan program Tiktok.
Periset menarik ringkasan jika Tiktok jadi media promosi yang efisien karena Tiktok banyak memiliki pengguna, gampang dipakai, terkenal di kelompok milenial, kerap dipakai oleh selebritis dan mempunyai feature Tiktok ads yang bisa memaksimalkan penebaran content.
5. WhatsApp Marketing
Media sosial sebagai peringkat pertama ini, harus menjadi pilihan utama buat kamu. Selain yang bersentuhan langsung dengan konsumen, media ini juga hampir dimiliki oleh seluruh masyarakat yang memiliki smartphone.
Bersamaan dengan perkembangan pemakai WhatsApp yang tetap bertambah, menjadikan program pesan singkat bikinan Jan Koum makin dilirik oleh beberapa pelaku bisnis.
Dengan manfaatkan beragam feature yang berada di WhatsApp, Anda dapat memperoleh banyak keringanan untuk coba langkah promo berbentuk lain.
Khususnya merajut jalinan yang lebih individual dengan konsumen setia. Satu diantaranya dengan jalankan langkah promo di WhatsApp dengan WhatsApp pemasaran.
Panduan WhatsApp Marketing yang Baik untuk Perkembangan Usaha
- Buat Nomor Khusus
- Konsentrasi pada Sasaran Pasar untuk Usaha Anda
- Buat atau gabung dengan Group whatsapp dan follow up satu per satu anggota group
- Lakukan dengan tehnik storytelling untuk Promo
- Lakukan Promosi
Fungsi Media Sosial Untuk Promosi
Adapun manfaatnya bagi pemasaran adalah :
- Membangun dan meningkatkan brand awareness produk
- Menciptakan loyalitas audiens
- Sebagai wadah menganalisis pasar produk kamu.
- Yang terkahir adalah menghemat biaya promosi
Langkah Agar Media Sosial Kamu Menjadi Optimal Sebagai Alat Pemasaran
- Buat Plan dan tentukan target audien maupun target market
- Pilih Platform media sosial atau kamu bisa menggunakan semuanya untuk mengintegrasikan promosi bisnis kamu.
- Ikuti yang sedang tren, dan jadikan sebagai ide pembuatan konten promosi kamu.
- Gunakan bahasa yang persuasif agar tujuan promosi tersampaikan.
Itulah macam-macam media media sosial dan fungsinya untuk promosi. Semoga apa yang kami tuang menjadi manfaat buat orang-orang banyak.
Baca Juga : Media Promosi Produk Yang Sering Digunakan Dalam Pemasaran