Secara akademis pengertian marketing adalah suatu proses mengenalkan produk atau barang dan jasa agar di kenal masyarakat luas.
Namun, dalam dunia bisnis, marketing di artikan dalam konteks yang sangat luas sekali. Misalkan kamu melihat info lowongan kerja, “Dibutuhkan : marketing”. Dari pernyataan tersebut marketing di konotasikan sebagai personal.
Artikel yang di tulis oleh dunia periklanan kali ini, akan membahas tentang marketing secara objektif dalam dunia bisnis atau kerja.
Dengan kamu membaca artikel ini, kita sudah mengetahui tujuan kamu sebenarnya. Tenang saja, dunia periklanan akan mengulas sedetail mungkin tentang pengertian, fungsi, tujuan, tugas, jenis, serta strategi marketing itu sendiri.
Agar kamu tidak terlalu lama, yuk lanjut scroll ke bawah.
Daftar Isi
Apa Yang Dimaksud Dengan Marketing ?
Menurut para ahli dan manager blog hubspot caroline forsey, pemasaran atau marketing adalah proses untuk mengajak atau membujuk masyarakat agar tertarik dan membeli produk yang di tawarkan oleh perusahaan maupun personal.
Sebelum kamu melakukan proses di atas, kamu wajib melakukan riset dan analisis pasar untuk mendapatkan konsumen yang potensial.
Hal ini merupakan salah satu cara dalam menyusun strategi pemasaran. Nanti kita bahas mengenai strategi ini di tengah artikel ya.
Pada era sekarang, beberapa perusahaan membagi kriteria marketing ke dalam dua golongan, yaitu online dan offline.
Bagi perusahaan peran marketing ini sangat penting buat perkembangan bisnisnya. Bahkan, terkadang seorang karyawan juga dimanfaatkan sebagai salesman juga.
Padahal antara marketing dan sales ini sebenarnya dua sisi yang berbeda, walaupun memiliki misi yang sama.
Intinya, pemasaran merupakan sebuah divisi yang harus ada di perusahaan untuk menyusun strategi agar produk yang di tawarkan dapat di kenal dan di beli oleh masyarakat.
Fungsi Pemasaran Pada Perusahaan
Nah, buat kamu yang memiliki perusahaan atau yang ingin bekerja sebagai marketing ini, berikut fungsi marketing yang harus kamu ketahui :
1. Fungsi Perantara
Dalam dunia pemasaran, seorang tenaga marketing merupakan perantara antara produk dan konsumen. Baik perantara berupa informasi, pembiayaan, atau penggolongan produk.
2. Fungsi Pertukaran
Yang dimaksud di sini adalah konsumen berhak menukarkan produk dengan produk, atau produk dengan sejumlah uang yang digunakan untuk kebutuhan sendiri maupun di jual kembali.
3. Fungsi Pendistribusian Fisik
Pendistribusian bisa lewat darat, laut, atau pun udara. Kebutuhan konsumen terhadap suatu produk harus dapat di penuhi sesuai daerah pemasarannya.
Setelah di distribusi, produk yang di miliki produsen harus di simpan untuk menjaga agar barang tidak langka di pasaran.
Itulah fungsi marketing secara luas yang dapat dunia periklanan sampaikan. Selanjutnya apa saja tugas seorang marketer ? Berikut penjelasannya
Tugas Marketing Pada Perusahaan
Setelah melihat fungsi pemasaran di atas, berikut tugas seorang marketer yang harus kamu ketahui
1. Marketing Promosi
Agar produk dikenal. seorang marketer harus mampu membuat program promosi agar produk itu memiliki daya tarik untuk dikenal dan di beli konsumen.
2. Marketing Komunikasi
Selain di atas, seorang marketer juga harus mampu membuat komunikasi persuasif untuk menjaga hubungan baik antara produk dan konsumen.
3. Marketing Sales
Agar perusahaan mendapat keuntungan, seorang marketer juga harus mampu menciptakan penjualan dari produk yang di miliki oleh perusahaan.
4. Riset Dan Pengembangan
Seorang marketer juga harus bisa mengumpulkan informasi terkait produk yang di tawarkan, minat konsumen, dan produk kompetitor sejenis guna di lakukan pengembangan strategi pemasaran yang telah dilakukan.
Itulah 4 tugas marketing secara global yang bisa kamu ketahui.
Untuk selengkapnya kamu bisa baca artikel di bawah ini :
Tugas Marketing Pemasaran Perusahaan Pada Umumnya
Selanjutnya yang harus kamu ketahui di bidang pemasaran ini adalah mengenai strategi-strategi pemasaran untuk mencapai fungsi dan tugas marketers itu sendiri.
Yuk scroll lagi ke bawah.
Strategi Pemasaran Atau Marketing
Dalam menyusun strategi pemasaran, banyak hal yang harus kamu lakukan agar sebuah target dapat tercapai.
Dalam era modern, para ahli banyak merumuskan sesuatu untuk mencapai semua itu.
Komunikasi pemasaran terpadu ( integrated marketing communication ) atau biasa disebut imc, merupakan salah satu pilihan dalam menyusun strategi marketing ini.
IMC ialah integrasi dari semua alat marketing yang bertujuan untuk pengembangan , pendekatan dan sumber daya di perusahaan yang mengoptimalkan imbas pada pemikiran customer yang hasilkan keuntungan maksimal dengan ongkos minimal.
Alat komunikasi pemasaran terpadu atau imc tersebut adalah :
- Advertising
- Promo Pemasaran
- Pemasaran Individu
- Pemasaran Langsung, dan
- Public Relation
Atau selengkapnya kamu bisa baca artikel di bawah ini :
Masih banyaknya pelaku bisnis atau para marketer yang menyusun strategi asal-asalan, dunia periklanan coba mengulas sedikit lagi mengenai strategi pemasaran ini.
Kegiatan pemasaran bertujuan untuk memperluas pasar atau penjualan.
Untuk itu, buat kamu yang sedang terjun ke dalam dunia pemasaran ini harus memperhatikan hal-hal di bawah ini dalam menyusun strategi marketing.
1. Analisa Produk
Salah satu metode yang dapat kamu gunakan untuk menganalisa produk sebelum menyusun strategi tersebut adalah dengan analisis SWOT.
Strengths ( Kekuatan )
Pada analisa ini kamu harus mengumpuli data mengenai kekuatan dari produk yang akan kamu tawarkan. antara lain
- Kemampuan internal
- Sumber daya manusia
- Kualitas Produk
- Pelayanan.
Weakness ( Kelemahan )
Tidak mungkin produk atau bisnis yang kamu tawarkan tidak memiliki kelemahan. Iya kan ?. Untuk itu hal yang kamu lakukakn adalah cara kelemahan seperti :
- kemampuan internal
- sumber daya manusia
- kualitas produk
- pelayanan.
Oppurtunity ( Peluang )
Setelah kamu mengumpulkan data keuatan kelemahan diatas, selanjutnya coba kamu tulis peluangnya apa dengan melihat kondisi kekuatan :
- kemampuan internal
- sumber daya manusia
- kualitas produk
- pelayanan
Threath ( Ancaman )
Hampir sama dengan peluang. kamu juga harus dapat melihat ancaman dengan kondisi yang seperti di atas.
2. Menerapkan Strategi Pemasaran
Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah dengan menerapkan strategi tersebut. Dengan cara :
Segmentasi Pasar
Kamu harus mampu mengelompokkan segmentasi dari produk yang akan kamu tawarkan. Penentuan segmentasi ini sangat berguna buat kamu dalam menyusun strategi apa yang akan kamu buat.
Misalkan dengan menentukan :
- Gender
- Ses ( Socio Economic Status )
- Perilaku
- Demografi
Ada beberapa hal lagi yang harus kamu lakukan untuk menyusun strategi pemasaran ini dan itu ada di link artikel di bawah ini.
Yuk langsung aja kamu klik artikel di bawah ini :
Harusnya Strategi Pemasaran Disusun Berdasarkan Kebutuhan Pasar
Sebenarnya mengenai strategi ini, kami ingin menulis selengkap-lengkapnya. Akan tetapi, artikel ini akan menjadi terlalu panjang, jadi nya kami mengarahkan kamu ke link artikel di atas.
Sebelum kamu memasuki perihal strategi, harusnya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis marketing tersebut.
Mumpung dunia periklanan ingat ada yang tertinggal, berikut jenisnya yang harus kamu ketahui juga.
Jenis Jenis Marketing Sesuai Media Promosi Yang Harus Kamu Ketahui
Ada beberapa jenis-jenis marketing yang harus kamu ketahui, yaitu :
Outbound
Merupakan jenis pemasaran yang berhubungan dengan promosi menggunakan berbagai macam media seperti, papan reklame, televisi, radio dan lain sebagainya.
Inbound
Merupakan jenis pemasaran yang melibatkan konsumen langsung ke dalam strateginya, misalkan brand activation.
Digital
Merupakan alat pemasaran, yang menggunakan media elektronik dan teknologi.Misalkan Website, media sosial, email, dan videtron.
Search Engine Optimize
Alat pemasaran yang menggunakan mesin pencari seperti google dan lainnya.
Itulah beberapa jenis marketing sesuai media promosi yang telah kami paparkan. Mungkin kalo kamu tertarik masuk dalam dunia ini ? pasti akan bertanya, berapa sih perihal gaji yang di dapat untuk seorang marketer.
Yuk kita ulas !
Gaji Marketing di Indonesia
Posisi penjualan dan pemasaran memegang peran penting sebuah perusahaan. Dia punya peran penting memasarkan produk barang dan jasa yang diproduksi.
Beberapa perusahaan juga berani membayar mahal untuk tenaga yang satu ini, makanya para marketer juga harus mampu untuk meciptakan personal branding nya.
Apa itu personal branding bisa kamu baca di artikel bawah ini :
Apa Itu Personal Branding, Manfaat Serta Cara Membangunnya
Tanpa pemasaran, bisa dikatakan sebuah perusahaan sulit berkembang. Lantas, berapa besar gaji bagian penjualan dan pemasaran di Indonesia?
Gaji Divisi Marketing
- Chief marketing officer : Rp 1,5 miliar – Rp 2,93 miliar per tahun (Rp 125 juta-Rp 244 juta per bulan)
- Marketing director : Rp 1,3 miliar – Rp 2,34 miliar per tahun (Rp 108 juta-Rp 195 juta per bulan)
- Marketing manager : Rp 735 juta – Rp 1,17 miliar per tahun (Rp 61,25 juta-Rp 97 juta per bulan)
- Head of trade marketing : Rp 840 juta-Rp 1,04 miliar per tahun (Rp 70 juta-Rp 86 juta per bulan)
- Senior marketing communications manager : Rp 330 juta-Rp640 juta per tahun (Rp 27,5 juta-Rp 53,3 juta per bulan)
- Channel marketing manager : Rp 420 juta – Rp 640 juta per tahun (Rp 35 juta-Rp 53,3 juta per bulan)
- Senior brand manager : Rp 410 juta-Rp 620 juta per tahun (Rp 34,1 juta-Rp51,6 juta per bulan)
- Marketing research manager : Rp 400 juta – Rp 560 juta per tahun (Rp 33,3 juta-Rp 43 juta per bulan)
- Visual merchandising manager : Rp 340 juta- Rp 640 juta per tahun (Rp 43,7 juta-Rp 53,3 juta per bulan)
- Head of digital : Rp 525 juta- Rp 1,27 miliar per tahun (Rp 43,7 juta-Rp 105 juta per bulan)
- Digital manager : Rp 420 juta- Rp 745 juta per tahun (Rp 35 juta-Rp 62 juta per bulan)
- PR manager : Rp 320 juta-Rp 610 juta per tahun (Rp 26,6 juta-Rp 50,8 juta per bulan)
- Brand manager : Rp 340 juta- Rp 535 juta per tahun (Rp 28,3 juta-Rp 44,5 juta per bulan).
Setelah mengenal apa itu marketing, tugas dan fungsi, strategi beserta gaji yang di tawarkan, Apakah kamu tertarik terjun dalam dunia pemasaran ?
Mungkin itu saja artikel yang dapat dunia periklanan ulas, semoga apa yang di beri menjadi manfaat buat kita semua.