Alat promosi konvensional yang biasa kita pakai sudah mulai ditinggalkan perlahan-lahan. Era marketing 4.o lebih mementingkan alat promosi digital sebagai saluran marketing. Lantas Bagaimana menerapakan Media Promosi Untuk Pemasaran Online ? Entar kita bahas ya.
Buat para pebisnis online maupun yang bukan harusnya ini menjadi peluang. Akan tetapi banyak dari para pelaku bisnis mengganggap pemasaran online ini hal yang biasa saja.
Gak salah juga, karena kalau kita telisik dari artikel strategi pemasaran penggunaan alat promosi harus terintegrasi satu sama lainnya, bukan hanya digital saja.
Yang jelas fungsi dari alat promosi marketing antara lain :
- Sebagai pemberi informasi produk kepada target konsumen potensial
- Upaya menjaga loyalitas konsumen
- Memberi pembeda terhadap produk sejenis ataupun produk kompetitor
- Sebagai sarana branding untuk membentuk citra produk
- Untuk merubah tingkah laku konsumen dalam membuat keputusan untuk pembelian.
Daftar Isi
Jenis-Jenis Media Promosi Untuk Pemasaran Online
Didalam dunia periklanan, media promosi dibagi menjadi 2 kelompok.
a. Above The Line atau Media Lini Atas ( ATL )
Begini ya, secara simple nya ATL ini adalah alat promosi yang selalu digunakan untuk memuat iklan-iklan pada media cetak, elektronik ( seperti TV, radio, bioskop dll ), atau media luar ruang ( papan reklame, billboard, dll).
Media lini atas memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Target audiens nya luas
- Lebih banyak menuangkan tentang ide atau konsep
- Tidak adanya interaksi langsung dengan konsumen/audiens
- Alat promosi yang sering digunakan, tv, radio, billboard, majalah, koran atau tabloid dan sebagainya.
b. Below The Line atau Media Lini Bawah ( BTL )
Selanjutnya, media lini bawah ( BTL ). Media ini selalu digunakan oleh para pengiklan karena langsung bersentuhan langsung dengan audiens.
Alat promosi ini memiliki ciri :
- Target audiens terbatas/kelompok
- Media nya selau membuat konsumen merasakan produk, interaksi, bahkan langsung melakukan pembelian,
- Alat promosi nya seperti event ( brand activation ), sampling produk, bazar, penjualan langsung, marchandise, maupun trade marketing dan promotion.
Nah, dengan perkembangan industri pemasaran, alat komunikasi pemasaran baru ditemukan sebagai lintas dua kelompok media tersebut, Para pemasar memberi nama Through The line ( TTL ).
Alat promosi ini adalah penyempurnaan antara media massa dan non media massa. Yang sekarang sering kita dengar dengan sebutan media online.
TTL atau media online ini lah yang akan kita bahas dari kacamata periklanan. Berikut media yang digunakan untuk pemasaran online.
Media Promosi Digital Yang Sering Dipakai Para Marketers
Media Sosial
Kita sudah pasti tau lah, media sosial bukanlah hal yang asing digunakan sebagai media promosi online oleh para pebisnis.
Kamu bisa menggunakan media sosial sebagai alat promosi gratis dengan membuat konten secara rutin. Atau kamu juga bisa berbayar untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Seperti menggunakan facebook ads ataupun instagram ads.
Marketplace
Dengan menggunakan layanan ini, produk kamu akan lebih sering tampil. Serta produk kamu juga mendapat kesempatan untuk menarik pembeli yang lebih banyak.
Google Ads
Google banyak yang menggunakan sebagai pusat informasi pencarian. Selain itu, google juga kita gunakan sebagai tempat untuk mempromosikan sebuah produk atau bisnis. ya, Google ads namanya. Media ini adalah layanan promosi berbayar yang bertumpu pada alat pencarian google, yang kita pahami dengan sebutan keyword.
Email Marketing.
Saat saya masih aktif di perusahaan pemasaran, alat ini merupakan media promosi andalan yang sering kami gunakan. Karena ini sangat spesifik tertarget.
Permasalahan dari media promosi online ini, kita harus mengumpulkan database berupa email dari target audiens kita.
Nah, salah satu yang saya gunakan dalam pengumpulan email ini, dengan membuat form pertanyaan yang harus di isi lewat email. dalam satu tempat. misalkan website perusahaan.
Penerapan Alat Promosi Dengan Strategi Marketing Digital
Apapun jenis alat pemasarannya, tetap saja kita tidak bisa meninggalkan yang namanya bauran promosi. Strategi dari penerapan komunikasi pemasaran terpadu, akan mempermudah kita dalam menyusun timeline alat promosi.
Baca juga : Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi
Oke selanjutnya, kita menerapkan seluruh elemen media digital dalam satu induk. Misalkan induk promosinya adalah website. Maka websitenya kita optimize dengan rule search engine optimize ( SEO ).
Seluruh informasi perusahaan terkait produk tuangkan dalam website. Termasuk nomor kontak costumer service dan lain-lainnya.
Sebenarnya saya sedikit pesimis dengan kawan-kawan pelaku umkm, bisa mempelajari ini. Karena menurut saya sangat sulit untuk belajar seo ini kalo kita tidak konsisten.
Akan tetapi saya akan memberikan langkah sederhana :
1. Membuat Website
Alangkah baiknya di era marketing digital, perusahaan kamu sudah memiliki website sebagai pusat informasi produk untuk konsumen. Dengan kata lain, website adalah lokasi perusahaanmu di dunia online.
2. Memberikan Informasi perusahaan sejelas-jelasnya
Di dalam website ini kamu berikan informasi sejelas-jelasnya tentang perusahaanmu, apa saja produkmu, dan lain sebagainya. Termasuk nomer kontak, email, atau media sosial aktif.
3. Buat akun media sosial.
Media sosial digunakan untuk meng update informasi terkait produk. Agar konsumen loyal mengetahui perkembangan produkmu.
4. Buat Whatsapp Bisnis
Sebagai alat interaksi langsung yang sedang trend, alangkah baiknya whatsapp kamu pergunakan dengan sebaik-baiknya.
5. Optimize kan seluruhnya dengan Strategi SEO atau SEM
Pangsa pasar dunia berada dalam satu tempat yang kita sebut internet. Tugas kamu hanya mengelompokkan pangsa pasar produkmu lewat strategi seo hingga pada akhirnya website kamu berada pada rangking google.
SEO Sebagai Pilar Promosi Pemasaran Online
Yang harus kamu ingat, proses ini juga yang kita sebut bagian dari membangun brand awareness. Proses ini bukan untuk memikat pembeli dalam waktu singkat.
Porsi kita sebagai pelaku bisnis terutama umkm, adalah membangun brand dengan maksud agar usaha kita naik kelas.
Saya jamin, proses SEO sebagai pilar pemasaran online sangat ribet buat kamu, kamu tidak akan sabar untuk menikmati manfaat dari strategi digital marketing ini.
Begitupun buat saya di awal-awal mengenal strategi marketing yang satu ini. Saya sangat dipusingkan dengan mengelompokkan target pasar saya lewat keyword-keyword yang disediain google.
Beruntung nya, saya berada dalam lingkaran para marketers, terutama orang-orang yang selalu berkutat di dunia marketing digital.
Belajar SEO Untuk Memasarkan Produk lewat marketing online
Buat kamu yang sulit belajar seo secara otodidak, saya punya teman namanya Wahyu Blahe. Beliau adalah guru seo di kota medan. Kamu bisa kontak dia dengan klik namanya tersebut, untuk sharing perihal digital marketing.
Tapi, kita harus sepakat dulu, seo adalah gaya pemasaran online yang manfaatnya untuk akan datang bukan saat ini. Nah, buat kamu yang berfikir belajar seo untuk dampak langsung terhadap penjualan produk kamu, saya sarankan bagus jangan menghubungi dia. Semoga nantinya setelah kamu mengenal dia, kamu juga seberuntung saya.
Itulah pembahasan kita mengenai bagaimana menerapkan media promosi untuk pemasaran online. Mudah-mudahan menjadi manfaat buat saya dan kawan-kawan umkm di kemudian hari.
Saya undur diri dulu, sampai ketemu di artikel saya selanjutnya.