Pengertian marketing mix. Kalau anda seorang pebisnis, marketing, atau apa pun anda, pasti tidak asing mendengar kata ini.
Ya, marketing mix atau biasa di kenal dengan bauran pemasaran ini, selalu menjadi andalan dalam menyusun strategi pemasaran. Di karenakan marketing mix merupakan fondasi modal dasar suatu bisnis.
Berawal dari lahirnya, bauran pemasaran muncul dengan istilah 4p. Beriring perkembangan marketing mix menjelma menjadi 7p, 8p, bahkan sekarang sudah menjadi 9p.
Dikenalkan oleh seorang profesor lulusan harvard pada tahun 1948, Neil Borden, yang terinspirasi dari jurnal sobatnya prof culliton.
Untuk itu para pembaca dunia periklanan, di sini kami akan mengulas satu per satu tentang pengertian marketing mix dengan istilahnya dari awal.
Daftar Isi
Marketing Mix Atau Bauran Pemasaran 4P Dan Contohnya
Bauran pemasaran 4P di lengkapi oleh E. Jerome McCarthy dari ide-ide bauran pemasaran borden. Beliau menjadikan marketing mix 4p elemen kontrol awal untuk membentuk strategi pemasaran,
Variabel itu lah yang kita kenal dengan Product ( produk ), Price ( harga ), Place ( tempat ), serta Promotion ( promosi ) yang di susun menjadi strategi pemasaran 4p
Untuk semua itu berikut kita jelaskan
Variabel Strategi Pemasaran 4P
1. Product ( Produk )
Produk dimaksud adalah nadi dalam marketing mix. Produk bukanlah hanya berupa fisik, ini mencakup semua aspek berwujud maupun tidak berwujud seperti jasa atau layanan, pribadi, kelompok mau pun ide.
2. Price ( Harga )
Elemen yang satu ini, harus mempertimbangkan variabel pemasaran seperti :
- Strategi penetapan harga
- Keuntungan
- Potongan harga
- Masa pembayaran
- Serta kebijakan pinjaman atau kredit
3. Place ( Tempat )
Berikut Variabelnya ;
- Penyaluran barang
- Penanganan produk
- Controlling
- Penyimpanan
- Serta proses permintaan
4. Promotion ( Promosi )
Seperti kita ketahui dari tujuan promosi. Untuk elemen ini strategi pemasaran memiliki dua tujuan, yaitu sebagai awareness atau pengenalan dan yang terakhir sebagai bujuk rayu untuk penjualan produk.
Strategi Pemasaran 4P Dan Contohnya
Strategi pemasaran sebetulnya bukan hanya untuk perusahaan besar saja. Perusahaan kecil pun seperti umkm harus memiliki strategi pemasaran ini. Misalkan Bauran pemasaran 4p.
Pengertian marketing mix ini adalah langkah awal saat kamu akan menjalankan bisnis. Akan tetapi, masih banyaknya beberapa umkm masih bingung dalam menerapkan strategi pemasaran ini kedalam bisnisnya, dan itu sebenarnya sebuah masalah.
Bagi kamu yang masih bingung, artikel kali ini akan membahas tentang pengaplikasian salah satu konsep ke dalam dunia usaha.
Contoh Marketing Mix 4P
Apabila kamu menganggap strategi pemasaran 4p sangat susah , coba kamu perhatikan beberapa contoh dari bauran promosi ini pada produk makanan, teknologi dan sebagainya.
- Contoh pada produk : Dalam membangun identitas, ayam KFC akan mengenalkan dan menampilkan produk makanan, dengan kemasan ember merah mengilap serta ikon logo muka Colonel Sanders yang tersenyum, kalimat pada paket kombo seperti “Friendship Bucket” atau “Triple Treat” merupakan jenis varian produk yang di kenalkan.
- Contoh pada price : Strategi dalam penetapan harga yang di pakai oleh spotify, memperoleh penekanan terbaik pada penjualan kaset fisik. Ini berakibat hampir musnahnya kaset fisik di pasaran
- Contoh pada promosi : Dengan memanfaatkan pesta sepak bola dunia, yaitu piala dunia tahun 2010 coca cola dan sepak bola melebur menjadi satu lewat lagu K’naan. Yang berdampak terhadap brand image cocacola.
- Contoh pada Place : Apple dengan produk iphone nya mengunci pendistribusian pasar online lewat e-commerce populer seperti amazon. Ini memudahkan mereka dalam meningkatkan penjualan.
Marketing Mix 7P Dan Contohnya
Pengertian marketing mix 7p merupakan konsep strategi yangberbeda dengan pendahulunya. Strategi pemasaran 4p memiliki kesan hanya sebagai produk oriented saja.
Marketing mix 7p ini menggunakan semua alat strategi pemasaran. Yaitu Produk, price, promotion, place, people, proses, serta physical evidence.
Berikut kita jelaskan tambahan variabel dari strategi pemasaran 4 P ini :
Variabel Strategi Pemasaran 7P dan Contohnya
5. People ( Orang )
People yang dimaksud dari strategi ini adalah sumber daya manausia ( SDM ) perusahaan, yaitu karyawan.
Tidak kita pungkiri, karyawan juga menjadi penentu maju mundur nya sebuah perusahaan. Makanya tak ayal kalo kamu menemui lowongan pekerjaan yang spesifik dalam seleksi calon karyawannya.
Selain itu adalah faktor attitute dan motivasi karyawan pada perusahaan bidang jasa juga menjadi penentu.
6. Process ( Proses )
Beberapa perusahaan memiliki cara yang unik dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen. Ya, proses di sini adalah mengenai pelayanan dari proses permintaan hingga proses pengantaran.
7. Phsycal Evidence ( Tampilan Fisik )
Penampilan fisik ruang usaha akan menerangkan bagaimana pengaturan bangunan dari satu perusahaan. Apa perusahaan memakai interior yang unik, lightning sistem yang memikat, design ruang yang memikat perhatian, dan lain-lain.
Perusahaan pasti mengetahui jika pengaturan bangunan pada sebuah perusahaan pasti mempengaruhi suasana hati pengunjung.
Contoh Marketing Mix 7P Usaha Makanan
Supaya lebih paham mengenai bauran marketing, saya akan menerangkan contoh bauran marketing 7P secara simpel, yakni seperti berikut:
Detil Produk
- Merk: Alhamie
- Produk: Makanan
- Sasaran Pasar: SES B, pegawai, siswa, mitra,Bauran Marketing Alhamie
- Harga: Alhamie jual produknya dengan kisaran harga 2.500 – 5.000. Harga ini cukup berkompetisi dengan merk yang lain mempunyai pasar target yang serupa.
- Produk: Walau mempunyai sasaran pasar yang serupa, Alhamie coba mempunyai merek awareness yang lebih bagus.
- Promo: Promo Alhamie memakai media TV dalam kurun waktu prime time. Hal itu karena management pegawai yang diaplikasikan secara baik.
- Proses: ada SOP yang tegas dan pas membuat penerapan produksi Alhamie lancar dan sukses capai sasaran.
Perbedaan Marketing Mix 4p dan 7P
Perbedaan antara strategi pemasaran 4P dan 7P cukup kelihatan dari element yang mengikutsertakannya. Bila 4P cuma mengikutsertakan product, price, place, dan promotion, karena itu 7P menambah physical evidence, process dan people.
Walau telah ada 4P untuk mengonfirmasi bauran vital pemasaran, 7P dibikin makin dalam untuk analitis yang lebih dalam berkenaan terhadap keadaan pasar. Gabungan yang ada pada 7P bermanfaat untuk penuhi kebutuhan, kemauan, dan memberikan kepuasan client dengan berpatok ke lingkungan external dan intern pasar.
8P Marketing Mix
Pengertian marketing mix satu ini Menurut Lee Nancy dalam buku Philip Kotler tahun 2011 ” konsep bauran pemasaran kini diperluas menjadi 8P”
Merunut dari 7p di atas, berarti adal penambahan satu (1) elemen variabel dalam melengkapi itu.
Variabel Strategi Pemasaran 8P
8. Productivity Dan Quality
Produktif ialah seberapa jauh efektivitas service yang sudah dilakukan oleh perusahaan yang memberi nilai lebih ke organisasi.
Kualitas ialah derajat satu service yang bisa memberi kepuasan ke konsumen setia dalam penuhi keperluan dan kemauan customer.
Marketing Mix 9P
Marketing mix strategy adalah suatu strategi yang terdiri dari unsur bauran pemasaran terpadu untuk menawarkan atau menjual produk serta jasa kepada konsumen.
Variabel Strategi Pemasaran 9P
9. Kekuatan Politik
Faktor ini bisa disimpulkan sebagai kekuatan perusahaan dalam keterlibatan politik nasioan atau international yang mempunyai dampak penting pada kelangsungan satu usaha.
Biasanya faktor ini kerap jadi perhatian oleh beberapa perusahaan dengan sekala besar yang mempunyai hubungan kuat dengan peraturan – peraturan pemerintahan seperti peraturan harga, peraturan export import, peraturan lingkungan dan lain-lain.
Perusahaan yang sanggup mengontrol dan berkekuatan politik akan mempu bertahan di dalam aktivitas upayanya. Dan yang tidak mempunyai keuatan politik akan terkikis dalam ketidak berhasilan.
Fungsi Marketing Mix Atau Bauran Pemasaran
Anda telah mempunyai produk untuk di tawarkan dengan kualitas bagus dan di butuhkan oleh warga.
Namun, ini belum cukup buat dapat mengundang konsumen beli produk Anda. Di perlukan sebuah usaha supaya beberapa orang mengenali produk itu dan faedahnya.
Triknya ialah memakai taktik pemasaran efisien hingga tingkatkan penilaian positif pada produk itu.
Di sini pemasaran mix berperan untuk membantu merangkum taktik pasar produk Anda. Dengan begitu, produk itu bisa di diskusikan ke sasaran pasar yang pas dan dapat hasilkan jumlah pemasaran terbaik.
Jual dengan taktik akan jauh lebih bagus di banding cuma lakukan pemasaran secara asal. Apa lagi telah mempunyai modal produk yang baik, jadi harus di imbangi dengan promo pas target.
Tanpa pemakaian taktik pemasaran mix, resiko produk tidak bisa terjual tinggi sekali. Jika Anda tidak bisa jual produk secara baik, karena itu beberapa biaya yang dikeluarkan tidak bisa ditutupi.
Jangankan memperoleh untung, malah akan memunculkan rugi cukup banyak. Pada akhirannya dapat habiskan modal dan usai pailit.
Cukup banyak contoh perusahaan yang pailit karena tidak dapat mengaplikasikan taktik usaha dalam upayanya.
Tujuan Marketing Mix Atau Bauran Pemasaran
Dalam aplikasinya marketing bauran fokus pada produk dan sasaran pasar. Selanjutnya dibuatlah taktik pas agar bisa jual produk/service ke sasaran pasar itu.
Disaksikan dari ini bisa diambil kesimpulan jika arah dari marketing bauran untuk memperoleh jumlah pemasaran yang baik di sasaran pasar tertentu . Maka, akan memberi keuntungan optimal.
Disamping itu, arah pemasaran mix yang lain ialah menolong merangkum analitis biaya anggaran perusahaan, pembagian sumber daya dan menolong sederhanakan kampanye pemasaran supaya tidak alami over bujet.
Bisa disaksikan jika taktik marketing ini dapat juga menolong tiap komponen dalam usaha Anda hingga aplikasinya baik sekali dilaksanakan untuk tipe usaha apa. Anda bisa mengaplikasikan pemasaran 4P ,7P, 8P, seta 9P.
Menjalankan bisnis sekarang ini tidak dapat di laksanakan tanpa taktik, karena kompetisi makin tinggi dan semakin bertambah pebisnis.
Salah satunya taktik yang bisa Anda pakai ialah pemasaran mix di mana taktik ini konsentrasi pada beragam elemen usaha, baik 4P 4P ,7P, 8P, atau 9P.
Itulah artikel mengenai marketing mix yang sudah di rangkum oleh dunia periklanan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.