Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Efektif Bagi Pelaku Bisnis Saat Ini

Dunia Periklanan

strategi komunikasi pemasaran

Kali ini dunia periklanan akan membahas mengenai strategi komunikasi pemasaran yang efektif bagi pelaku bisnis. sebelumnya kita juga sudah menjelaskan tentang komunikasi pemasaran menurut para ahli, hingga teori-teori yang mereka temukan.

Kalau kamu belum membaca kamu bisa baca di bawah ini :

Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli, Terbaru !

Beberapa pengusaha muda, mungkin masih ada yang tidak familiar mengenai strategi komunikasi pemasaran ini.

Atau ada yang sudah melakukan beberapa strategi, akan tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa itu bahagian dari komunikasi pemasaran.

Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan untuk membujuk, merayu, mengedukasi target agar mau membeli produk atau barang dan jasa yang kita tawarkan. Dengan strategi ini, bahkan konsumen rela untuk mengantri dan menunggu barang yang mereka idam-idamkan.

Lantas bagaimana cara membangunnya, berikut kita uraikan :

Cara Membangun Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Efektif

strategi komunikasi pemasaran

Agar sebuah produk atau barang dan jasa kita tawarkan di kenal luas oleh masyarakat, para pelaku bisnis perlu mengupayakan beberapa strategi komunikasi agar pemasaran menjadi efektif.

Apa saja berikut kita urai satu per satu.

1. Awareness ( Kesadaran Merek )

Tujuan utama komunikasi pemasaran adalah mengenalkan produk atau barang dan jasa yang kita tawarkan ke masyarakat agar cepat di kenal, sehingga masayarakat memiliki kesadaran merek terhadap suatu produk yang kita tawarkan.

Untuk ini, kamu bisa menggunakan pesan yang sederhana, padat dan jelas agar mereka mudah mengenali dan memahami produk yang kita jual atau tawarkan.

2. Interest ( Minat Masyarakat )

Perkembangan zaman yang begitu pesat, membuat kebutuhan konsumen juga berubah-ubah dan berbeda-beda pada tiap orang beriring perubahan trend saat ini.

Untuk itu bagi pelaku bisnis, harus bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan trend saat ini. Dengan perkembangan tren tersebut, konsumen akan mencari produk yang mereka butuhkan untuk menjawab permasalahan mereka saat ini.

3. Search

Dengan berkembangnya dunia digital yang semakin pesat, konsumen tidak harus di buat repot dalam mencari produk yang mereka inginkan.

Media digital bisa kamu gunakan sebagai salah satu alat untuk membangun strategi komunikasi pemasaran bisnis kamu. Bisa menggunakan web, media sosial dan sebagainya.

4. Action

Lakukan strategi-strategi yang memaksa mereka untuk mengambil keputusan pembelian. Kamu bisa menggunakan strategi yang komunikatif seperti buy 1 get 1, beli 2 discount 30% + 10 % untuk pembelian ketiga, atau seperti yang pernah kamu lakukan sebelumnya.

5. Share

Konsumen adalah makhluk sosial dan berkelompok. Ini bisa juga kamu manfaatkan sebagai alat untuk memasarkan produk kamu.

Memaksa mereka untuk mereview serta menshare produk kamu dengan mengimingi pundi-pundi keuntungan buat mereka. Atau kamu juga bisa menggunakan jasa influencer, selebgram sebagai alat utama membuat masyarakat yakin terhadap produk kamu.

Contoh Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Dapat Kamu Tiru

Kita misalkan kamu baru saja melahirkan produk baru berupa cemilan keripik tempe. Tahap awal yang harus kamu susun secara sederhana dalam membuat strategi pemasaran adalah :

1. Tentukan Target Market / Target Audiens

Kamu wajib tentukan siapa saja target market/target audiens untuk produk yang baru kamu lahirkan. Sekadar mengingatkan tidak semuanya target market sama dengan target audiens.

Setelah kamu tentukan, kamu lanjut mengelompokkan target kamu dalam Strata sosial, phsycografi, bahkan demografinya.

Sekarang kita anggap target market ( TM ) kamu adalah ibu-ibu dari status sosial kelas B, gemar ngemil bersama keluarga serta tinggal di perkotaan.

2. Siapkan Materi Promosi

Setelah kamu menentukan siapa TM produk kamu, kamu sudah bisa memulai untuk menyiapkan materi promosi atau biasa kita kenal dengan desain promosi bisa berupa gambar, audio, maupun audio visual.  Dan menempatkan materi promosi pada media yang di tentukan.

3. Belanja Media Promosi

Kamu bisa menggunakan strategi di atas dalam menentukan media promosi untuk pemasaran produk kamu.

lakukan secara berulang agar pesan yang disampaikan dapat di terima oleh masyarakat selaku target market kamu.

4. Lakukan Review

Setelah kamu melakukan semua di atas, per triwulan kamu bisa melakukan review sejauh mana hasil yang sudah kamu lakukan. agar bisa kamu tingkatkan sesuai dengan target usaha yang kamu jalani.

5. Buat Program Promosi.

Sesekali buatlah program promosi untuk interaksi langsung dengan konsumen berupa event dan sebagainya. Misalkan event grebek pasar, undian, dsb.

Dari semua di atas kamu bisa lihat susunannya di bawah ini

contoh strategi komunikasi pemasaran

 

Tujuan Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Perlu Kamu Ketahui

Setiap strategi yang di lakukan memiliki dampak tersendiri terhadap produk yang kita pasarkan. Akan tetapi hampir semua strategi komunikasi yang di buat memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness
  2. Mendaptkan koneksi
  3. Meningkatkan kesadaran merek
  4. Memberikan edukasi
  5. Meningkatkan pelayanan
  6. Meningkatkan Penjualan

Jurnal Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial

Ada beberapa jurnal yang sudah dunia periklanan rangkum untuk kamu semua antara lain :

  1. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA INSTAGRAM (STUDI KASUS NAVIA_KEBAB) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA INSTAGRAM (STUDI KASUS NAVIA_KEBAB)

  2. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL

Itulah artikel tentang Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Efektif saat ini yang bisa kami ulas. Semoga apa yang kami buat menjadi manfaat buat kita semua.

 

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tinggalkan komentar