Strategi Pemasaran 4P dan contohnya pada perusahaan- strategi marketing sebetulnya bukan hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil harus juga memiliki, misalnya seperti strategi bauran pemasaran 4P (marketing mix 4P).
Sama sesuai namanya, ada 4 faktor penting dalam bauran pemasaran ini. Apa sajakah? Berikut penuturannya yang dapat Anda baca di artikel dunia periklanan.
Ada beberapa arah pemasaran, satu di antaranya yaitu memastikan supaya produk atau jasa yang di bikin perusahaan bisa di kenali target konsumen, hingga nanti perusahaan bisa memperoleh keuntungan dari transaksi bisnis penjualannya.
Jadi tidak aneh saat sebuah perusahaan mengeluarkan banyak biaya untuk menyusun strategi pemasaran.
Malah justru tipe usaha menengah dan kecil yang perlu terus-menerus membuat dan jalankan strategi bauran promosi hingga UKM jadi lebih berkembang.
Dengan membaca tulisan ini Anda semakin lebih paham tentang bauran pemasaran 4p dalam marketing dan dapat menjawab beberapa pertanyaan misalnya:
– Apa Saja Contoh Strategi Pemasaran ?
– Apa yang dimaksud 4p?
– Sebutkan 4 langkah strategis pemasaran?
Daftar Isi
Apa Itu 4p Dalam Pemasaran ?
Tujuan dari 4p dalam pemasaran yaitu yaitu memastikan supaya produk atau jasa yang di bikin oleh perusahaan dikenali warga hingga nanti perusahaan bisa memperoleh keuntungan dari penjualannya.
Strategi pemasaran 4p sebetulnya bukan hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil harus juga memiliki, misalnya seperti bauran pemasaran 4P sebagai langkah awal dalam memulai usaha.
Terutamanya untuk beberapa pelaku usaha kecil menengah atau UKM yang makin hari makin merayap naik banyaknya di Indonesia.
Tetapi, permasalahannya seberapa banyak yang masih tidak mengerti dalam implementasi ide strategi pemasaran 4p khususnya UKM.
Tiap komponen dari strategi ini sama-sama penting dan benar-benar punya pengaruh pada perubahan usaha Anda khususnya UKM di Indonesia.
Walau sebenarnya bila saja mereka ingin mengaplikasikan dan mengimplementasikan secara baik akan menolong usaha mereka jadi lebih berkembang dan maju.
Umumnya, ide taktik marketing 4P terhitung dalam materi yang didalami pertama kalinya setiap pelajaran mengenai pemasaran atau marketing.
Bahkan juga dari dahulu, taktik marketing ini masih tetap berkaitan. Tetapi sudah pasti, di zaman digital yang membuat usaha tidak mengenali batasan ini, taktik agar lebih tepat dan pas target.
Untuk Anda yang masih bimbang mengenai bauran pemasaran 4P, artikel ini kali akan mengulas berkenaan penerapan salah satunya ide taktik pemasaran pada suatu usaha.
Taktik marketing 4P (Pemasaran Mix 4P dalam marketing) sebagai kelompok alat marketing taktis yang terbagi dalam:
– Product (produk)
– Price (harga)
– Place (tepat)
– Promotion (promosi)
Ke-4 elemen atau variable ini dipadankan supaya hasilkan tanggapan yang diharapkan di pasar.
Manfaat Strategi Pemasaran 4P
Ada banyak faedah bauran pemasaran yang menjadikan penting untuk usaha yakni:
– Membantu kamu dalam memahami apa yang bisa di lakukan produk atau service Anda ke konsumen setia Anda
– Mampu membantu dalam membuat perencanaan penawaran produk
– Membuat rencana, peningkatan, dan penerapan bauran pemasaran yang efisien
– Menekan budget yang tidak perlu
– Menentukan produk apa atau service yang pas untuk konsumen setia Anda
– Mengidentifikasi tentang produk yang di perlukan konsumen setia
– mempelajari kapan dan bagaimana mempromokan produk atau service Anda ke konsumen setia Anda.
Variabel Dalam Strategi Pemasaran 4p
Berikut ialah keterangan mengenai empat faktor dalam taktik marketing 4P (marketing mix 4P dalam marketing):
Product (Produk)
Sebagai aktor usaha, Anda harus dapat membuat produk atau jasa yang di perlukan oleh konsumen.
Sebagian dari Anda kemungkinan kebingungan, produk apa yang perlu Anda jual? Taktik marketing produk apa yang penting dicoba?
Anda bisa mengawalinya dengan meningkatkan produk atau jasa yang di punyai jadi lebih baik.
Minta kritikan dan anjuran dari customer Anda, selanjutnya tampung semua anjuran dan kritikan itu sebagai bahan pemikiran dan pembaruan.
Di samping itu, Anda dapat membuat produk atau jasa apa saja yang kwalitasnya baik. Kualitas produk atau jasa yang bagus sudah pasti akan memberi kepuasan yang tinggi dari customer.
Kebalikannya, kualitas produk atau jasa yang jelek akan membuat customer sedih dan mereka tidak ingin untuk beli atau memakai produk atau jasa Anda yang ke-2 kalinya.
Beberapa pertanyaan berikut ini bisa menolong Anda dalam tentukan marketing mix atau taktik marketing 4P untuk produk ialah:
– Apa yang diharapkan oleh konsumen setia dari produk / service yang Anda pasarkan?
– Apa produk ini dapat penuhi keperluan konsumen setia?
– Feature apa yang dipunyai produk ini?
– Sejumlah fitur apa sajakah?
– Bagaimana dan di mana konsumen setia akan memakainya?
– Seperti apakah wujud, ukuran, warna?
– Bagaimana simbol atau brand-nya?
– Bagaimanakah cara membandingkannya dengan kompetitor Anda?
Price (Harga)
Harga sebagai salah satunya hal yang peka dalam sebuah usaha. Biasanya, customer akan jadikan harga sebagai dasar untuk memperbandingkan Anda dengan pesaing.
Hingga, penting untuk Anda tentukan harga yang bagus, karena harga akan punya pengaruh pada pemasaran. Janganlah sampai
Anda salah tentukan harga yang membuat customer jadi tidak berminat untuk beli produk atau jasa Anda.
Lantas bagaimanakah taktik tentukan harga yang bagus? Untuk tentukan harga sebetulnya gampang, Anda bisa menyaksikan harga pasar atau mungkin dengan hitung HPP dan keuntungan yang di harapkan dan lain-lain.
Anda dapat memakai program akuntansi simpel dalam hitung dan tentukan harga produk usaha Anda. Pemakaian program akuntansi pasti lebih tepat dibanding perhitungan dengan manual
Pokoknya, harga yang Anda pasarkan atau tentukan seharusnya ialah harga yang logis.
Dalam tentukan harga dalam taktik marketing 4P (Pemasaran Mix 4P dalam marketing), coba pikir banyak hal berikut ini:
– Berapakah nilai dari produk atau jasa untuk konsumen?
– Adakah titik harga yang diputuskan untuk produk atau service di tempat ini?
– Akankah sedikit pengurangan harga memberikan Anda market share extra?
– Atau akankah peningkatan kecil tidak kelihatan, dan dengan begitu memberikan Anda margin tambahan keuntungan?
– Potongan harga apa yang perlu ditawari untuk menarik konsumen setia, atau ke fragmen tertentu yang lain dari pasar Anda?
– Bagaimana harga Anda dibanding dengan kompetitor Anda?
Place (Tempat)
Place atau tempat sebagai salah satunya elemen P dari strategi pemasaran 4P. Tempat atau lokasi sebagai salah satunya factor penting usaha Anda.
Karena itu pilih lokasi yang pas atau yang cocok. Tujuannya pilih lokasi yang vital.
Lokasi yang vital sebagai lokasi yang ramai, dilewati oleh beberapa orang.
Hingga calon customer dan customer tertarik dan gampang untuk mendapati tempat berjualan Anda.
Tetapi, taktik saja kurang cukup, memerlukan kata lokasi yang cocok atau tepat.
Mengapa begitu? Karena lokasi yang vital bila tidak pas atau cocok pun tidak mempunyai dampak apa saja.
Lihat contoh berikut ini: Bila Anda jual hijab atau perlengkapan muslim karena itu berjualan lah di wilayah warga yang memeluk agama islam, dekat beberapa masjid besar atau apa saja tapi tidak boleh menjualnya di wilayah teritori non muslim.
Bila Anda jual di teritori non muslim pasti pemasaran anda tidak sebanyak jika anda menawarkan produk sekitar di wilayah dekat beberapa masjid, untuk tersebut pilih tempat perlu Anda lihat secara baik.
Banyak hal yang yang penting jadi perhatian saat pilih taktik marketing 4P tempat:
– Di mana konsumen cari produk atau service Anda?
– Bila mereka cari di toko, tipe apa? Di supermarket, mall, atau online?
– Bagaimana Anda dapat terhubung aliran distribusi yang betul?
– Apa yang sudah dilakukan oleh pesaing Anda, dan bagaimana Anda dapat belajar pada mereka?
Promotion (Promo)
Promo sebagai ujung tombak untuk mengenalkan produk atau jasa Anda ke konsumen. Dengan strategi pemasaran 4p yang bagus, diharap pemasaran akan bertambah.
Sekarang aktivitas marketing atau promo lebih gampang di laksanakan, Anda bisa manfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, memasangkan iklan, kerja-sama sponsorship, ikuti bazar dan banyak.
Untuk menolong Anda tentukan aktivitas promo yang sama sesuai, coba jawab pertanyaan ini:
– Kapan dan dimana Anda dapat sampaikan pesan promo ke pasar target Anda?
– Apa Anda akan mencapai audience Anda dengan berpromosi lewat cara online, pada media, di TV, di radio, atau di billboard?
– Kapan saat terbaik untuk berpromosi? Cocok hari raya, atau beberapa momen tertentu?
– Bagaimana kompetitor Anda lakukan promo? Apa mempengaruhi opsi kegiatan promo Anda?
Contoh Kasus Perusahaan yang Memakai Strategi Pemasaran 4P
Silahkan kita mengambil contoh salah satunya perusahaan besar yakni McDonald’s untuk pelajari strategi pemasaran 4P dalam marketing.
Product McDonald’s
Sebagai usaha F&B, McDonald’s mempunyai kombinasi produk yang mayoritas terbagi dalam produk minuman dan makanan.
Bauran produk McDonald’s mempunyai baris produk khusus berikut ini:
– Hamburger dan sandwich
– Ayam goreng
– Salad
– Camilan
– Minuman
– Menu Makan pagi
– McCafé
Places
Restaurant dalah tempat untuk McDonald’s hasilkan mayoritas penghasilan penjualannya.
Beberapa restaurant mengurus kios untuk jual produk opsi terbatas, seperti sundae dan makanan penutup yang lain.
Ada pula beberapa kios memiliki sifat sementara, seperti pada kasus kios yang dipakai dalam moment-event tertentu:
Taktik marketing 4P (Places) untuk McDonald’s ialah:
– Restaurant
– Kios
– Mobile App
Price
Dalam taktik marketing 4P McDonald’s, dapat disaksikan jika harga bundel dan harga psikis (harga yang tidak dibulatkan) jadi penggerak konsumen setia beli semakin banyak produk.
Dalam taktik harga paket, McDonald’s tawarkan makanan dan paket produk yang lain pada harga yang di diskon, di banding dengan beli tiap poin secara terpisah.
– Taktik harga paket tambah murah dari unit
– Taktik harga psikis, misalnya Rp 49,900 dibanding Rp 50,000
Promotion
Beberapa taktik promo yang sudah dilakukan oleh McDonald’s ialah:
– Iklan
– Promo pemasaran
– Public Relations (PR)
Rangkuman Dari Strategi Pemasaran 4P
Setelah membaca artikel di atas, pemahaman dan langkah mengaplikasikan strategi pemasaran 4P. Gampang kan? Tidak harus mempunyai bisnis usaha yang besar untuk mengaplikasikan strategi pemasaran 4P ini.
Usaha apa saja ,hal yang penting adalah dengan mengaplikasikan strategi ini dengan optimal. Tetapi ingat, tidak ada strategi yang serupa satu dan yang lain.
Samakan keadaan lokasi, sasaran promo, daya membeli customer, sampai produk Anda dengan keadaan sekitaran.
Jangan memaksa untuk turunkan atau meningkatkan standard cuma untuk ikuti usaha yang lain telah terlebih dahulu berhasil.
Sudah pasti penelitian ini tidak berjalan secara mudah. Ada proses trial and error yang penting di laksanakan saat sebelum betul-betul mendapati skema implementasi bauran pemasaran 4P yang akurat.
Nach, di atas sudah di bahas berkenaan strategi pemasaran 4p.
Pasti saat ini Anda telah makin memahami berkenaan strategi pemasaran 4p dalam marketing.
Mudah-mudahan artikel strategi pemasaran 4p ini dapat bermanfaat buat anda. Terima Kasih.
Baca Juga : Pengertian Marketing Mix 4P, 7P, 8P, 9P, Fungsi, Tujuan Serta Contoh nya