Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM

Dunia Periklanan

Strategi pemasaran

Strategi pemasaran yang efektif memiliki peranan penting untuk keberlangsungan bisnis ataupun usaha. Tanpa memiliki strategi, kamu akan bekerja lebih keras dan tidak memiliki tujuan.

Seperti janji saya di artikel sebelumnya,  saya akan melanjuti mengenai strategi nya.

Sebelum masuk ke tahap lebih dalam alangkah baiknya kamu baca lagi artikel sebelumnya disini ” Peran Branding produk umkm untuk meningkatkan penjualan”

Oke, Kita lanjut Apa itu Strategi Pemasaran ?

strategi pemasaran

Menurut para ahli, yang dikutip dari wikipedia strategi marketing didefinisikan, antara lain :

Menurut Paul dan Guiltinan

Menurutnya , strategi pemasaran merupakan penegembangan bisnis lewat pola pikir dengan mengelompokkan beberapa unsur marketing seperti, segmentasi pasar, bauran promosi,  dan sebagainya

Menurut Michael Baker

Menurutnya, pengertian ini lebih sederhana yaitu sebagai tujuan dasal dalam meningkatkan penjualan agar lebih kompetitif berkelanjutan.

Menurut Philip Kotler

Pengertian strategi pemasaran menurut Philip kotler yaitu suatu cara dimana fungsi dari marketing menyelenggarakan kegiatannya agar bisa mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam kegiatan penjualan pada level marketing mix.

Itulah beberapa pengertian strategy marketing menurut para ahli. Intinya gak usah terpaku dengan pengertian di atas. Yang jelas maksud dari taktik ini adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan yang efektif dan berkelanjutan.

Bagaimana Strategy Marketing Kita Jalankan Dengan Efisien.

Bauran promosi atau marketing mix yang kita kenal yaitu 4 p ( Product, Price, Place, Promotion ), saya anggap kamu semua sudah paham tentang 4p.

Akan tetapi di era marketing modern, marketing mix ini lebih kompleks dengan 7 p. Bauran promosi ini merupakan perpanjangan dari marketing mix 4p. Bauran promosi modern itu meliputi produk, packaging, price, place, promotion, people, proses.

Strategi marketing harus kamu jalankan dengan efisien dengan menerapkan bauran promosi  secara terintegrasi untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan menerapkan point-point tersebut usaha kamu bisa mendapatkan respon dari target pasaran.

Fungsi Strategi Marketing

Peranan strategi pemasaran dipisah jadi 4 poin khusus , yakni :

 Tingkatkan Pengembangan Peningkatan Usaha

Karena ada strategi pemasaran, kamu dapat mengetahui keperluan pelanggan . Mulai dari sesuatu yang perlukan pelanggan dan harapkan sekarang sampai masa yang akan datang . Dengan mengetahui keperluan pelanggan ini, karena itu otomatis dapat munculkan inovasi-inovasi baru untuk peningkatan usahamu . Produk yang tetap bereksperimen lebih baik, umumnya akan lebih disukai oleh pasar.

Contoh kecilnya yaitu pelanggan sebenarnya tidak perlu beli tas setiap bulannya . Tetapi dengan strategi pemasaran, kamu dapat manfaatkan argumen tren tas terkini untuk memancing ketertarikan pelanggan .

Membentuk Tim Marketing dan sales

Membentuk tim koordinir marketing dan sales membuat kinerja semakin efisien . Dengan strategy bisa membantu mengatur pekerjaan setiap staf setiap seksi dalam usaha agar bisa bekerja bersama untuk mencapai arah .

Menentukan Market Plan

Market Plan adalah titik utama yang perlu kamu terapkan, untuk mencapai target usaha di masa yang akan datang.

Bila rencana terwujud , nilai ekonomi perusahaanmu akan bertambah dan usahamu pasti berkembang.

Market plan pada umumnya banyak menggunakan untuk menentukan arah perusahaan. Baik itu untuk menyusun perencanaan target dalam periode pendek atau periode panjang.

Memantau Aktivitas Marketing

Untuk menentukan strategi pemasaran , kamu harus melakukan evaluasi di setiap periode, dari sini kamu akan mengatahui taktik yang efektif dan efisien dalam melakukan pemasaran dan penjualan produkmu .

Itulah penjelasan sedikit mengenai strategi pemasaran. Kalau website ini sangat bermanfaat , kamu bisa men-share ke teman-teman bisnismu lewat tombol share diatas.

 

 

 

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tinggalkan komentar