Strategi pemasaran produk makanan, kerajinan, serta barang dan jasa jika tidak kamu jalankan dengan baik, akan berlangsung sangat lama dan melelahkan .
Contoh strategi pemasaran yang akan saya ulas ini bisa kamu pakai untuk memasarkan bisnis kamu.
Daftar Isi
9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Untuk Usaha Kuliner
Membahas tentang bisnis makanan tidak akan ada habisnya. Sebabnya, makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus menjadi kebutuhan hidup.
Melihat peluang ini, lantas bagaimana caranya agar bisnis produk kuliner kamu mendapat posisi bagus di mata konsumen dan menghasilkan omset yang besar ?
Selain melirik target market, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melancarkan pemasaran produk kamu sesuai dengan kaedah bauran promosi 4p ataupun 7p.
Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM
Berikut kita bahas strategi pemasaran apa yang digunakan.
Cara Pemasaran Efektif Untuk Usaha Kuliner
Menciptakan Produk Yang Unik
Produk adalah hal pertama yang harus kamu penuhi sebelum melakukan bisnis kuliner. Kamu bisa riset produk apa yang pasar butuhkan.
Kemudian kamu lakukan dengan Amati,Tiru, Modifikasi produk kompetitor, dengan memberikan hal lebih yang tidak dimiliki kompetitior.
Misal Kuliner burger. kamu bisa buat inovasi roti diganti dengan mie. Kan unik, membantah anggapan bahwasannya burger harus dimakan dengan roti.
Menciptakan Packaging atau Kemasan Yang Menarik
Secara visibility, kemasan adalah faktor penting untuk menarik perhatian konsumen. Berikan kemasan yang bisa membuat konsumen senang menggunakan produk tersebut.
Saat ini sudah banyak refrensi kemasan produk yang bisa kamu lihat. Salah satunya lewat pinterest.
Dalam mendesain kemasan kamu juga harus sesuaikan dengan target market kamu. Misal target market kamu adalah ibu-ibu, kamu harus membuat desain kemasan yang mewakili target market kamu itu.
Jika kamu tidak bisa mendesain kemasan, kamu juga bisa menggunakan jasa freelancer untuk membantu kamu dalam mendasain packagin produk. Kamu tinggal buat brief, target market kamu siapa, dan lain sebagainya. Atau Kamu langsung aja kunjungi sribu.com untuk melihat proses kerjanya.
Buat Website atau Media Sosial Untuk Usaha Kuliner
Selain kamu memiliki tempat usaha offline, alangkah baiknya di era 4.0 sekarang kamu juga memiliki toko berbasis online, Website salah satunya.
Dalam bauran promosi tempat adalah salah satu syarat untuk kamu bisa bersaing lewat strategi pemasaran yang kamu susun. Ada banyak jasa yang menawarkan website berbiaya murah antara lain, rumah web, niagahoster, dan lainnya.
Kamu bisa menggunakan jasa mereka untuk membangun website kamu.
Buat Foto Produk Yang Menarik
Tak kita pungkiri, foto adalah daya tarik yang menstimulus otak kita melalui mata. Menampilkan foto produk makanan yang menggugah selera akan membantu kamu untuk meningkatkan penjualan.
Walah, harus menggunakan jasa photografer profesional itu ?. Tidak mesti lah. Sekarang banyak handphone yang menawarkan kamera bagus untuk menunjang kerja kamu.
Kamu bisa melihat tutorial di youtube cara foto produk lewat handphone, persoalannya adalah kamu mau belajar apa tidak.
Memasarkan Bisnis Kamu lewat Media Promosi
Setelah kamu memiliki website, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat memasarkan usaha kamu. Memiliki biaya yang sangat terjangkau bahkan tak berbiaya, media sosial dapat membantu kamu dalam menentukan strategi pemasaran produk secara efektif.
Ada beberapa media sosial yang efektif yang menjadi rekomendasi kami, Instgram bisnis/shopping, whatsapp bisnis, facebook marketplace, dan serach engine optimize google.
Menggunakan Ambassador atau Endorsement
Endorsement adalah taktik pemasaran di mana kita minta beberapa kontribusi selebgram media sosial untuk mempromokan produk/jasa yang kita jual.
Untuk memakai taktik ini, kamu harus riset terlebih dahulu dan menyesuaikan anggaran, influencer mana yang sesuai dengan bisnis kamu.
Melakukan Promosi Yang Unik Dan Kreatif
Ciptakan strategi promosi yang kreatif dan unik untuk membuat konsumen penasaran dan senang. Dengan itu maka produk kamu akan viral dan mendatangkan konsumen untuk melakukan pembelian.
Memberikan Hadiah-hadiah Menarik atau Giveaway
Strategi giveaway sedang digandrungi belakangan ini oleh pebisnis media online. Siapa yang tidak mau diberi hadiah gratis bukan ?
Biasanya calon konsumen akan negajak teman-temannya juga untuk mengikuti aktivitas ini. Potensi produk menjadi viral pun semakin besar.
Contoh : Biasanya giveaway dilakukan dengan caption ” Ayo jawab pertanyaan ini dengan taq 5 teman kamu untuk mendapatkan hadiahnya”.
Kerjasama Dengan E-commerce Besar
Melakukan kerjasama menjadi mitra patut kamu pertimbangkan dalam memasarkan produk kamu. Pasalnya mereka sudah memiliki database ratusan juta konsumen.
Beberapa Raksasa e-commerce di Indonesia bisa kamu gunakan seperti shopee, lazada, blibli, atau tokopedia untuk menjadi mitranya.
Selain itu jangan lupa juga menjadi mitra untuk pesanan antar online kamu, seperti grab dan gojek.
Kalau kamu lakukan ini semuanya, mudah-mudahan strategi pemasaran produk makanan kamu akan berjalan dengan sukses.
6 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan, Barang Dan Jasa.
Melakukan pemasaran produk kerajinan sebenarnya tidak begitu susah bila kamu mengerti triknya.
Saat sebelum mengulas mengenai strategi pemasaran produk kerajinan, kamu harusnya tahu pemahaman produk kerajinan.
Secara sederhana,pemahaman produk kerajinan adalah aktivitas yang mengikut sertakan ketrampilan tangan dan untuk mendapatkan dan mengurus bahan tertentu.
Fungsi Strategi Marketing
Peranan strategi pemasaran dipisah jadi 4 poin khusus , yakni :
Tingkatkan Pengembangan Peningkatan Usaha
Karena ada strategi pemasaran, kamu dapat mengetahui keperluan pelanggan . Mulai dari sesuatu yang perlukan pelanggan dan harapkan sekarang sampai masa yang akan datang . Dengan mengetahui keperluan pelanggan ini, karena itu otomatis dapat munculkan inovasi-inovasi baru untuk peningkatan usahamu . Produk yang tetap bereksperimen lebih baik, umumnya akan lebih disukai oleh pasar.
Contoh kecilnya yaitu pelanggan sebenarnya tidak perlu beli tas setiap bulannya . Tetapi dengan strategi pemasaran, kamu dapat manfaatkan argumen tren tas terkini untuk memancing ketertarikan pelanggan
Membentuk Tim Marketing dan sales
Membentuk tim koordinir marketing dan sales membuat kinerja semakin efisien . Dengan strategy bisa membantu mengatur pekerjaan setiap staf setiap seksi dalam usaha agar bisa bekerja bersama untuk mencapai arah .
Menentukan Market Plan
Market Plan adalah titik utama yang perlu kamu terapkan, untuk mencapai target usaha di masa yang akan datang.
Bila rencana terwujud , nilai ekonomi perusahaanmu akan bertambah dan usahamu pasti berkembang.
Market plan pada umumnya banyak menggunakan untuk menentukan arah perusahaan. Baik itu untuk menyusun perencanaan target dalam periode pendek atau periode panjang.
Memantau Aktivitas Marketing
Untuk menentukan strategi pemasaran , kamu harus melakukan evaluasi di setiap periode, dari sini kamu akan mengatahui taktik yang efektif dan efisien dalam melakukan pemasaran dan penjualan produkmu .
Itulah penjelasan sedikit mengenai strategi pemasaran. Kalau website ini sangat bermanfaat , kamu bisa men-share ke teman-teman bisnismu lewat tombol share diatas.
Berikut 6 Strategi Marketing Produk Kerajinan, Barang Dan Jasa
Dalam menjalankan usaha apapun, harus memiliki rencana termasuk bidang pemasaran agar mendapatkan hasil yang diinginkan.
Contoh Strategi Pemasaran Produk yang sering menjadi kesalahan dibuat pelaku bisnis adalah melakukan produksi jor-joran tanpa mikir siapa yang akan membeli produknya tersebut.
Apa saja strategi pemasaran nya ? Berikut kita tuangkan ?
1.Target Market Dan Target Audiens
Banyak aktor usaha kerajinan memiliki idealisme tinggi dan pada akhirnya terjerat dalam produksi yang kurang sesuai selera pasar. Dalam setiap usaha,tentukan sasaran pasar sangat penting karena bila sudah memiliki sasaran pasar produk yang dipasarkan dapat disamakan dengan keperluan sasaran pasar itu.
2.Buat Produk Yang Unik
3.Melakukan Promosi Yang Baik
4.Menggunakan Pemasaran Online
5.Mengikuti atau Membuat Pameran
6.Melakukan Kerjasama dengan distributor atau mitra
Sebenarnya apapun produk kamu, strategi pemasaran produk makanan,kerajinan, barang dan jasa adalah hampir sama. Yang membedakan kamu melakukan strategi itu harus dengan target market dan audiens kamu. Jangan sembarangan menggunakan strategi pemasaran.
Setiap produk pasti memiliki pasar yang berbeda-beda. Pada umumnya secara garis besar bauran promsi 4p maupun 7p bisa kamu lakukan terhadap seluruh bisnis kamu. Tugas kamu hanya mengelompokkan pasar kamu yang segmented sesuai strategi dari bauran pemasaran tersebut.