Yang Dimaksud Dengan Content Marketing Dalam Dunia Bisnis

Dunia Periklanan

yang dimaksud dengan content marketing

Mengapa di era sekarang perusahaan gencar menggunakan strategi pemasaran dengan membuat konten marketing. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan content marketing dalam dunia bisnis ?, dan mengapa ini penting ?.

Kali ini dunia periklanan akan mengulas tentang content marketing. Pastikan kamu membacanya dengan tuntas ya.

Apa itu Content Marketing ?

yang dimaksud dengan content marketing

Content is the king !, kamu pasti pernah mendengar istilah ini kan. Akan tetapi tidak semua dari kita pasti tau apa itu content marketing tersebut.

Buat sektor industri kreatif, konten menjadi penentu untuk menjangkau audiens yang di target. Makanya buat pelaku kreatif,  konten menjadi sebuah raja dalam meraih target itu.

Pelaku bisnis pun sudah mulai melirik cara ini untuk merebut hati audiensnya sebagai salah satu strategi promosi produknya.

Menurut Forbes, yang dimaksud dengan content marketing adalah strategi marketing untuk menjangkau audiens yang ingin di raih dengan cara menyebarluaskan informasi melalui konten yang relevan serta konsisten.

Sedangkan menurut Joe Pulizzi Content Marketing merupakan tehnik pemasaran untuk membuat dan menyalurkan konten yang relevan dan melibatkan banyak audiens.

Sebagai pelaku bisnis, konten harus di buat se relevan mungkin untuk menciptakan kedekatan secara emosional antara konsumen dan sebuah produk.

Fokus Utama Dalam Pembuatan Konten Marketing

Ada beberapa fokus utama dalam pembuatan konten pemasaran yang harus kamu ketahui, antara lain :

Research Atau Riset

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu. Tujuannya agar apa yang ingin kamu sampaikan lewat konten tersebut merupakan data yang jelas, bukan asal-asalan.

Misalkan kamu ingin membuat konten video, maka data atau informasi yang ada di dalam video nantinya merupakan hasil dari riset yang sudah kamu tentukan arahnya.

Target Audiens

Kamu juga harus menentukan siapa target audiens kamu. Dalam Content Marketing target daerah ( demografi ), psikografi seperti usia, pekerjaan, penghasilan dan lain sebagainya harus kamu tentukan.

Menentukan Goal

Dalam promosi, tujuan utama adalah bukan hanya persoalan penjualan saja. Membangun brand awareness dengan baik, juga merupakan prioritas utama dalam pembuatan konten pemasaran.

Menentukan media atau platform

Memnetukan platform media dengan tepat, akan berdampak positif terhadap konten yang di sebarkan.

Dengan menentukan platform, kita juga tau tentang audiens yang kita targetkan.

Konsisten

Yang paling terkahir adalah konsisten. Kamu harus konsisten membuat konten marketing yang beragam. Dengan itu kamu akan meraih hasil yang memuaskan.

yang dimaksud dengan content marketing

Tujuan Pembuatan Konten Marketing Dalam Bisnis Perusahaan

Setelah kamu mengetahui yang dimaksud dengan content marketing, selanjutnya dunia periklanan akan menjelaskan beberapa tujuannya.

Manfaat Pembuatan Content Marketing Pada Perusahaan

Ada beberapa tujuan dan  manfaat pembuatan konten marketing ini, antara lain :

1. Meningkatkan Penjualan

Pembuatan dan penerapan konten pemasaran yang baik akan meningkatkan penjualan. Karena banyak audiens yang di jangkau dari berbagai media atau platform di gunakan.

2. Membentuk Brand Positioning

Seperti yang kami bilang di atas, promosi bukan hanya persoalan penjualan saja. dengan membuat konten marketing, brand positioning akan terbentuk di pasaran.

Dengan membuat konten yang bermanfaat, audiens tak akan ragu untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Karena kepercayaan audiens telah terbangun lewat brand positioning yang kamu ciptakan lewat content marketing.

3. Mendatangkan Pengunjung

Bagi para konten kreator seperti youtube, blogger dan lain sebagainya. Pembuatan konten akan mendatangkan trafik atau pengunjung yang berlimpah.

Dengan trafik yang banyak, maka brand kamu lewat youtube tersebut menjadi rekomendasi platform tersebut untuk di nikmati audiens.

4. Sebagai Investasi

Nah yang terakhir, pembuatan konten yang menarik dapat menjadi investasi jangka panjang buat kamu.

Misalkan youtube dan blog, dengan memiliki pembaca dan penonton yang tinggi, bukan tidak mungkin akun kamu lewat  platform tersebut dapat di monitise google sebagai media untuk iklan berbayar.

Contoh Content Marketing Pada Platform Media

Adapun beberapa contohnya antara lain :

1. Contoh Content Marketing di Instagram

Tak ayal banyak beberapa perusahaan menggunakan media sosial sebagai platform promosi mereka. Menurut data we are social, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 191,4 juta pengguna aktif.

Saat ini yang banyak di gunakan seperti Tiktok, Facebook, Instagram, twitter, pinterest dan lain-lain. Di medsos ini kamu bisa membuat konten beraneka ragam seperti, video, foto, desain, sampai dengan live video.

Contoh penerapan konten di instagram

contoh content marketing di instagram

2. Content Marketing Dalam Blog

Blog juga merupakan bagian dari media untuk menyampaikan konten lewat tulisan. Buat kamu yang gemar menulis atau membuat copywriting serta storytelling, media ini bisa menjadi pilihan untuk kamu gunakan.

contoh pada blog :

contoh content marketing di blog

Untuk arikel selengkapnya kamu bisa kunjungi judul di bawah ini :

Content Marketing: Maksud, Jenis, Dan Strategi Dan Contoh

Itulah artikel mengenai yang dimaksud dengan content marketing dalam dunia bisnis. Semoga apa yang kami tulis menjadi manfaat buat kita semua.

 

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tinggalkan komentar