Yang dimaksud dengan iklan adalah kegiatan untuk mengenalkan suatu produk atau jasa agar produk itu dapat dibeli atau dinikmati oleh konsumen.
Periklanan merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif yang menggunakan kreativitas dan pengetahuan untuk menciptakan karya yang meningkatkan minat masyarakat terhadap sesuatu.
Iklan dapat berupa jingle yang menarik atau slogan sederhana atau dapat berhubungan dengan informasi dan manfaat produk, biasanya disebut dengan iklan komersil.
Yang dimaksud dengan iklan komersiil adalah iklan yang bertujuan untuk memasarkan suatu produk berupa barang atau jasa.
Daftar Isi
Maksud dan Tujuan iklan
Fungsi Iklan
Adapun Fungsi iklan sebagai berikut :
- Sebagai informasi produk atau jasa ke khalayak
- Sebagai daya tarik konsumen terhadap suatu produk atau jasa
- Membangun dan menciptakan hubungan baik antara konsumen dengan produk atau jasa
Tujuan Iklan
Adapun tujuan iklan adalah sebagai berikut:
- Mengenalkan suatu produk agar konsumen terpengaruh untuk membeli produk tersebut
- Memberikan informasi, mengingatkan serta membujuk konsumen untuk membeeli produk tersebut
- Membangun kesadaran konsumen akan suatu merek
- Membangun hubungan konsumen dan produk
Unsur Unsur Dalam Iklan
1.Nama Produk
Dalam membuat iklan, nama produk harus cukup menonjol agar mudah dikenali oleh konsumen. Untuk itu, perlu menyiapkan nama produk yang bagus dan kreatif agar calon pembeli tertarik membeli produk tersebut.
2.Gambar Produk
Untuk menarik konsumen iklan harus bisa memadukan unsur teks, gambar, gambar bergerak, dan video, audio, serta musik untuk membuat iklan lebih menarik.
3. Copywritting
Kalimat deskriptif pada iklan sangat penting untuk menjelaskan dan menguraikan spesifikasi produk atau jasa yang akan diiklankan. Penggunaan kata pada kalimat ini harus menarik dan mudah dipahami oleh khalayak ramai.
4.Taqline
Selain deskriptif, harus ada kalimat persuasif atau ajakan. Biasanya berbentuk slogan atau kata-kata singkat.
5. Menarik perhatian
Unsur iklan lainnya adalah perhatian atau atensi. Dalam membuat sebuah iklan, tentunya harus ada ide-ide baru yang mampu menarik perhatian masyarakat atau konsumen sehingga iklan tersebut menjadi berkesan dan dapat terus diingat.
6. Keinginan
Unsur iklan yang selanjutnya ialah memunculkan keinginan. Jadi, iklan yang kamu buat harus mampu memecahkan masalah yakni keinginan dari konsumen.
7. Kepercayaan
Berikutnya, ada unsur kepercayaan. Penting untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen.
Maka dari itu, dalam iklan harus terdapat berbagai aspek sebagai pembuktian (testimoni) atau sebuah kata-kata yang meyakinkan pembeli.
8. Kontak penjual
Unsur-unsur iklan yang terakhir adalah mencantumkan kontak penjual. Kamu perlu mencantumkan nomor telepon, akun media sosial, dan alamat toko penjual. Dengan mencantumkan kontak penjual, akan membuat calon pembeli lebih percaya dengan toko tersebut.
Baca Juga : Iklan Adalah :Pengertian Iklan, Jenis, Fungsi Serta Unsur Iklan